Rabu, 06 Okt 2021 15:29 WIB

Sering Banget Keseleo? Bisa Fatal, Ini 4 Pertolongan Pertamanya

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
dok Klinik Tendean Trans TV Cara mengatasi keseleo (Foto: dok Klinik Tendean Trans TV)
Jakarta -

Saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berat, tak jarang seseorang mengalami keseleo. Saat mengalami keseleo, ada 4 langkah pertolongan pertama yang harus segera dilakukan.

Keseleo atau terkilir tak hanya disebabkan oleh olahraga. Dikutip dari Mayo Clinic, Rabu (6/10/2021), biasanya keseleo terjadi ketika pergelangan kaki dipaksa untuk bergerak keluar dari posisi normalnya yang dapat menyebabkan satu atau lebih ligamen pergelangan kaki meregang, robek sebagian, atau robek total.

Hal senada disampaikan praktisi kesehatan, dr Nadia Alaydrus, dalam program Klinik Tendean Trans TV. Dijelaskan dr Nadia, keseleo atau disebut juga ankle sprained disebabkan akibat adanya luka pada otot.

"Jadi karena pada saat kita keseleo itu biasanya seperti ada perlukaan ya di otot, biasanya otot itu ligamen yang paling luar," ucapnya.

Lebih lanjut, dr Nadia menjelaskan terdapat 3 tingkatan kesleo. Tingkat pertama merupakan keseleo ringan, yaitu kondisi kerusakannya cenderung minimal. Tingkat 2 lukanya cenderung luka sedang, sementara tingkat 3 merupakan kondisi fatal yaitu putus total pada ligamen.

"Makanya, bisa jadi fatal juga kalau misalnya dibiarin keseleo itu," ujar dr Nadia.

Salah satu pemeriksaan pada orang yang mengalami keseleo adalah dengan memeriksa refleksnya.

"Kita salah satunya cek juga ya refleksnya masih bagus atau enggak, kalau mengalami cedera" ungkapnya.

Di samping itu, dr Nadia membeberkan 4 langkah pertolongan pertama keseleo yang disebut dengan metode RICE. Apa saja langkahnya? Selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2