Cherly Juno 2 Hari Bisa Joget, Recovery Sehabis Caesar Butuh Berapa Lama?

ADVERTISEMENT

Cherly Juno 2 Hari Bisa Joget, Recovery Sehabis Caesar Butuh Berapa Lama?

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Minggu, 10 Okt 2021 14:08 WIB
Cherly Juno joget usai melahirkan
Cherly Juno memamerkan masa recovery yang cepat sehabis caesar (Foto: TikTok @cherlyjuno21)
Jakarta -

Eks personel Cherrybelle, Cherly Yuliana Anggraini alias Cherly Juno, viral gara-gara video joget-joget 2 hari setelah menjalani operasi sesar. Sebenarnya, berapa lama sih masa pemulihan usai caesar?

Video yang dibagikan Cherly memang bikin 'auto ngilu' bagi yang melihatnya. Bagaimana tidak, Cherly mengatakan dalam 3 jam setelah caesar ia sudah bisa duduk dan dalam 12 jam sudah bisa jalan-jalan.

Dokter kandungan dari RS Medistra, dr Dinda Derdameisyah, SpOG, menjelaskan, masa pemulihan atau recovery setelah operasi caesar biasanya bervariasi. Biasanya, dalam 24 jam pasca operasi pasien sudah bisa tidur miring ke kanan atau ke kiri atau duduk. Tergantung pada ketahanan nyeri pasien.

"Tergantung masing-masing orang untuk ketahanan nyerinya, biasanya kalau 24 jam pelan-pelan dia bisa tidur miring ke kanan, miring kiri terus duduk," jelasnya.

Nah, Cherly bisa recovery dengan lebih cepat karena memang menggunakan teknik yang lebih mutakhir yakni ERACS (Enhanced Recovery After Cesarean Surgery). Hal itu disampaikannya dalam unggahan yang lain.



Simak Video "Permintaan Maaf Nakes yang Live TikTok Saat Pasien Lahiran"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT