Senin, 11 Okt 2021 05:00 WIB

Round Up

'Auto-Ngilu' Lihat Cherly Juno Joget-joget 2 Hari Usai Operasi Caesar

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Cherly Juno joget usai melahirkan Cherly Juno (Foto: TikTok @cherlyjuno21)
Jakarta -

Eks personel Cherrybelle, Cherly Yuliana Anggraini alias Cherly Juno, memamerkan video joget-joget yang sukses membuat netizen 'auto-ngilu'. Bagaimana tidak, ia joget-joget hanya 2 hari usai operasi caesar.

Umumnya, kaum ibu tidak leluasa beraktivitas hingga beberapa hari sehabis operasi caesar. Selain khawatir jahitannya sobek, operasi juga masih menyisakan rasa nyeri di bekas sayatan.

Namun Cherly mengaku menggunakan metode paling mutakhir sehingga bisa recovery atau pemulihan lebih cepat. Disebutkan, ia sudah bisa duduk dalam 3 jam dan langsung bisa jalan-jalan dalam 12 jam.

Dijelaskan dalam unggahan lain di media sosial, Cherly menggunakan tekni ERACS (Enhanced Recovery After Cesarean Surgery).

Dokter kandungan dari RS Medistra, dr Dinda Derdameisyah, SpOG, menjelaskan, metode ERACS berbeda dengan metode caesar pada umumnya. Namun dijelaskan, metode ini tidak disarankan pada kehamilan dengan komplikasi.

"Metode persalinan sesar ini tidak boleh lebih dari 1 jam, jadi harus dalam 1 jam bisa selesai. Untuk itu ERACS biasanya hanya bisa dilakukan pada pasien-pasien yang tidak dengan komplikasi dalam persalinannya sehingga operasi sesar bisa selesai kurang dari 1 jam," tutur dr Dinda.



Simak Video "Teman Bumil Rilis Buku soal Kehamilan dan Parenting Tanpa Galau"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)