Senin, 11 Okt 2021 15:34 WIB

Kasus COVID-19 Terus Menurun, Ada 18 Negara yang Boleh Masuk RI

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Suasana Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Foto: Dok. AP I Bandara Ngurah Rai Bali
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap kasus Corona di Indonesia terus mengalami perbaikan. Kasus harian menurun, begitu juga dengan angka kematian Corona, per 10 Oktober 'hanya' ada 39 orang yang meninggal karena COVID-19.

Luhut menyebut perbaikan di Jawa Bali yang signifikan ini menjadi catatan untuk tidak euforia dan tetap mempertahankan kasus Corona serendah mungkin. Terutama antisipasi gelombang ketiga COVID-19 di akhir tahun 2021.

"Pembukaan penerbangan internasional ke Bali, yang akan dilakukan pada pekan ini diharapkan mampu memulihkan ekonomi Bali. Pembukaan dilakukan bertahap dan berhati-hati di tengah kasus sudah menurun," ungkapnya dalam konferensi pers PPKM Senin (11/10/2021).

"RT belum di bawah satu, tetapi pekan ini kita berharap sudah di bawah satu," sambung dia.

18 negara boleh masuk Indonesia

Tak termasuk Singapura, Luhut menyebut ada 18 negara yang kini diperbolehkan masuk Indonesia. Namun, detail 18 negara tersebut menyusul dijelaskan dalam Inmendagri terbaru yang akan segera dirilis.

"Untuk memastikan tidak ada peningkatan kasus di Bali, pemerintah juga memperketat persyaratan mulai dari sebelum dan sesudah keberangkatan," jelas Luhut.

"Mengenai negara-negara yang bisa masuk ke Indonesia ada 18 negara, dan nanti saya pikir akan diumumkan secara terpadu dalam surat edaran menteri dalam negeri," pungkas dia.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)