Selasa, 12 Okt 2021 10:06 WIB

e-Life

Nyata Keliru, Memakai Bra Dapat Membuat Payudara Kendur

dtv - detikHealth
Jakarta -

Sebagian orang mempercayai pemakaian bra rutin justru menyebabkan payudara kendur. Kepercayaan ini muncul dari anggapan otot payudara menjadi tidak terlatih lalu kendur karena payudara ditopang oleh bra.

Untungnya, ini hanya mitos semata. Menurut Dokter Spesialis Bedah Onkologi Primaya Hospital Tangerang, dr. Abdul Rachman, Sp.B (K)Onk, yang bisa mempengaruhi kendur atau tidaknya payudara bukanlah bra. Selain itu, ada faktor lain seperti menyusui.

"Misalkan seorang wanita memakai bra akan menyebabkan payudara kendur itu mitos. Kenapa? Kendurnya payudara itu berhubungan dengan besarnya payudara dan usia, jadi semakin usianya semakin bertambah kemungkinan dia akan kendur," tegas dr. Abdul Rachman di acara e-Life detikcom.

Tidak perlu khawatir jika payudara kendur. Seiring dengan pertambahan usia hal ini normal dan bukanlah tanda payudara tidak sehat.

"Payudara kendur dianggap normal, karena jaringan payudara secara alami akan mengendur karena seiring berjalannya usia," kata dr. Abdul Rachman.

(gah/gah)