Minggu, 10 Okt 2021 10:03 WIB

Bukan Karena Jarang Pakai BH, Ini Penyebab Nyeri Punggung yang Sebenarnya

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Terapi nyeri punggung Jarang pakai BH memicu nyeri punggung? (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Nyeri punggung banyak sekali penyebabnya. Tapi yang pasti, jarang pakai BH bukan salah satu penyebab utamanya. Walaupun, terkadang bisa juga jadi pemicu.

Selama Work From Home (WFH) tak sedikit wanita yang memilih tidak mengenakan bra karena hampir sebagian waktunya dihabiskan di rumah. Meski begitu, tak sedikit pula yang mengaitkan jarang menggunakan bra menjadi penyebab nyeri punggung.

Faktanya, Dokter bedah saraf dari RS Mayapada, dr Gibran, SpBS, dalam diskusi online Kamis (8/10/2021) menjelaskan bahwa mengenakan bra atau tidak, bukan menjadi penyebab nyeri punggung.

Nyeri punggung lebih disebabkan oleh posisi duduk atau kegiatan yang dilakukan dengan menunduk yang terlalu lama.

"Penggunaan bra, sebetulnya tidak menggunakan itu tidak terlalu problem. Yang bikin masalah adalah ketika pakai maupun tidak, tapi kalau misalnya banyak bekerja di rumah yang banyak menunduk itu akan problem," pungkas dr Gibran.

Meski belum ada penelitian yang secara jelas menemukan kaitan mengenakan bra dengan nyeri punggung, dr Gibran menjelaskan ada beberapa kasus di mana wanita yang memiliki ukuran payudara besar cenderung memiliki postur tubuh bungkuk.

"Ada beberapa kasus dengan ukuran payudara lebih besar atau terlalu besar itu cenderung badannya bungkuk dan leher itu akan cenderung bungkuk juga ke depan," ucapnya.

Kondisi ini memerlukan perhatian khusus, terutama olahraga yang dapat dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh agar tidak terlalu bungkuk ke depan. Di samping itu, dr Gibran juga menyarankan sedia backstrap di rumah dan digunakan minimal 30 menit.

"Kalau misalnya cenderung banyak kegiatan menunduk, kalau bisa ada backstrap di rumah. Setiap pagi di pakai minimal 30 menit untuk menarik, paling tidak mereset postur supaya lebih tegak," jelas dr Gibran.



Simak Video "Kesehatan Payudara dan Polemik Fungsi Bra"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)