Jumat, 08 Okt 2021 18:30 WIB

Jarang Pakai BH Selama WFH, Biang Kerok Nyeri Punggung? Ini Kata Dokter

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
nyeri punggung Tidak pakai BH bikin nyeri punggung? (Foto: Getty Images/Tom Merton)
Jakarta -

Beberapa orang punya kebiasaan baru selama WFH (work from home), yakni jarang pakai bra atau BH. Karena hampir sepanjang hari ada di rumah alias tidak ke mana-mana, rasanya nyaman-nyaman saja.

Di saat yang sama, keluhan nyeri punggung juga meningkat selama WFH. Apakah keduanya saling berkaitan?

Dokter bedah saraf dari RS Mayapada, dr Gibran, SpBS, dalam diskusi online menjelaskan bahwa pakai bra maupun tidak belum tentu berkaitan dengan nyeri punggung.

"Penggunaan bra, sebetulnya tidak menggunakan itu tidak terlalu problem. Yang bikin masalah adalah ketika pakai maupun tidak, tapi kalau misalnya banyak bekerja di rumah yang banyak menunduk itu akan problem," pungkas dr Gibran, Kamis (8/10/2021).

Menurut dr Gibran, hingga saat ini ia belum menemukan penelitian yang secara pasti menyebut hubungan penggunaan bra dengan nyeri punggung. Kendati demikian, ada beberapa kasus di mana wanita yang memiliki ukuran payudara besar cenderung memiliki postur tubuh bungkuk.

"Ada beberapa kasus dengan ukuran payudara lebih besar atau terlalu besar itu cenderung badannya bungkuk dan leher itu akan cenderung bungkuk juga ke depan," ucapnya.

Jika memiliki postur tubuh bungkuk ke depan memerlukan perhatian khusus, terutama olahraga yang dapat dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh.

"Itu perlu perhatian khusus supaya aktivitas stretching dan olahraganya lebih diperhatikan supaya tidak terlalu bungkuk ke depan," ujar dr Gibran.

Tonton bincang-bincang tentang kesehatan payudara dan polemik bra di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2