ADVERTISEMENT

Senin, 11 Okt 2021 19:08 WIB

8 Bentuk Payudara Wanita dan Cara Perawatanya Biar Tak Cepat Kendur

Syifa Aulia - detikHealth
Ilustrasi payudara bengkak Foto: iStock
Jakarta -

Wanita memiliki bentuk payudara yang berbeda-beda. Tidak ada bentuk khusus sebagai pertanda normal. Hal yang dapat membedakannya hanya payudara dalam kondisi yang sehat dan tidak sehat.

Dikutip dari Fustany, ada lebih dari dua belas bentuk, ukuran, dan jenis payudara yang berbeda. Saat memilih bra juga harus disesuaikan dengan ukuran dan bentuk payudara agar nyaman dipakai.

Berikut 8 macam bentuk payudara wanita paling umum:

1. Asimetris

Payudara dapat dikatakan berbentuk asimetris ketika satu payudara lebih besar dari yang lain. Menurut penelitian, setengah dari perempuan memiliki satu payudara yang lebih besar dari yang lain.

2. Lonceng

Sesuai namanya, bentuk ini terlihat seperti lonceng. Lebar payudara bagian atas berukuran kecil, sedangkan payudara bagian bawah berukuran besar dan penuh. Perempuan yang memiliki bentuk ini disarankan untuk memilih bra yang memiliki tali tebal dan cup penuh untuk menopang secara maksimal.

3. Tear drop

Bentuk ini mirip seperti lonceng, namun dengan ukuran yang berbeda. Pada bentuk ini, bagian atasnya sangat tipis dan bulat. Sedangkan bagian bawahnya cukup besar dan penuh. Putingnya juga berada sedikit lebih tinggi.

4. Kerucut

Bentuk payudara ini sangat mirip dengan bentuk kerucut. Biasanya dimiliki oleh perempuan dengan ukuran payudara kecil.

5. Bulat

Bentuk ini sangat bulat dengan memiliki ukuran yang sama di bagian atas dan bawah.

6. Sisi berjauhan

Memiliki jarak yang berjauhan antara payudara kiri dan kanan, sehingga memiliki celah yang lebar di bagian tengah. Perempuan dengan bentuk payudara ini disarankan memakai balconette bra - yang menutup setengah atau 3 per 4 bagian payudara.

7. Ramping

Secara keseluruhan, ukuran payudara ini sangat tipis, namun lebih panjang dibandingkan bentuk lainnya. Putingnya juga terletak di bagian bawah.

8. Atletik

Payudara atletik terlihat sangat kencang atau tidak kendur karena memiliki lebih banyak otot dan jaringan payudara lebih sedikit. Bentuk ini lebih lebar daripada bentuk yang lain.

Payudara bisa kendur seiring berjalannya waktu. Payudara yang kendur adalah hal yang normal meski beberapa wanita menganggapnya mengganggu penampilan.

Ada begitu banyak faktor yang menyebabkan payudara kendur dan hal ini tidak dapat sepenuhnya dicegah. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga payudara agar tidak cepat kendur.

  • Minum banyak air. Jaga agar kulit Anda tetap sehat dan terhidrasi untuk mencoba mempertahankan elastisitasnya.
  • Jangan merokok. Itu tidak sehat untuk Anda dan payudara Anda.
  • Pertahankan berat badan ideal. Makan makanan yang seimbang, berolahraga sedikit, dan cobalah untuk tidak menambah atau menurunkan berat badan terlalu cepat.


Simak Video "Mengenal Lebih Dekat Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT