Sabtu, 09 Okt 2021 10:12 WIB

Cek Sekarang! Ini 6 Ciri Payudara Perempuan yang Sehat

Syifa Aulia - detikHealth
Woman hand checking lumps on her breast for signs of breast cancer on gray background. Healthcare concept. Foto: Getty Images/iStockphoto/spukkato
Jakarta -

Kesehatan payudara menjadi hal yang penting untuk dijaga. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat melalui makanan.

Pasalnya, ada makanan tertentu yang jika dikonsumsi berlebihan dapat memicu kanker payudara.

Dalam tayangan e-Life detikcom pada Jumat (8/10/2021), dr Abdul Rachman, SpB(K)Onk, dari Primaya Hospital Tangerang menjelaskan ciri-ciri payudara yang sehat seperti di bawah ini:

  • Tidak ada benjolan payudara
  • Tidak ada rasa nyeri. Pada sebagian perempuan yang merasakan nyeri menjelang menstruasi, itu merupakan kondisi normal secara medis.
  • Tidak keluar cairan pada putih susu, baik berwarna putih maupun kemerahan.
  • Tidak ada perubahan bentuk maupun pada kulit payudara seperti tampilan kulit jeruk.
  • Tidak ada skin dimpling. Adalah bentuk yang menyerupai lesung pipit pada payudara. Jika hal itu terjadi misalnya di atas usia 30 atau 40 tahun, maka harus diwaspadai.

dr Abdul menyarankan agar para perempuan menyadari perubahan-perubahan yang bisa terjadi pada payudara. Konsultasi dengan tenaga kesehatan apabila payudara tampak berbeda dari biasanya karena bisa jadi tanda penyakit.

"Jadi misalkan payudaranya seperti kulit jeruk yang sudah tua. Nah itu termasuk payudara yang kurang sehat," ungkap dr Abdul.

Ia menyebut kondisi itu bisa menjadi tanda terjadinya kanker payudara.



Simak Video "Kesehatan Payudara dan Polemik Fungsi Bra"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)