Sabtu, 09 Okt 2021 08:06 WIB

Benarkah Sering Enggak Pakai BH Bisa Buat Payudara Kendur? Ini Kata Dokter

Firdaus Anwar - detikHealth
penyebab payudara mengendur Foto: Thinkstock
Jakarta -

Sering beredar anggapan bahwa BH atau bra harus sering dipakai untuk menjaga bentuk payudara seorang wanita. Salah satu anggapan yang populer menyebut bahwa tanpa bra maka gravitasi akan lebih memengaruhi payudara, menarik ke bawah dalam jangka waktu lama sehingga payudara tampak turun atau kendur.

Benarkah hal tersebut?

Dokter Spesialis Bedah Onkologi dari Primaya Hospital Tangerang, dr Abdul Rachman, SpB(K)Onk, menegaskan itu adalah mitos alias tidak benar. Kebiasaan memakai atau tidak memakai bra bukan merupakan faktor yang menentukan bentuk payudara.

"Ada yang mengatakan berisiko membuat payudara turun. Nah itu tidak betul," kata dr Abdul dalam program eLife detikcom dan ditulis pada Sabtu (9/10/2021).

dr Abdul mengatakan sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang mendukung pernyataan sering tidak memakai bra akan membuat payudara kendur. Hal yang paling mungkin terjadi bila seorang wanita tidak memakai bra hanya risiko terganggunya aktivitas sehari-hari.

"Kenapa bisa terganggu? Karena seorang wanita apabila tidak memakai bra itu rasanya kurang nyaman. Kemudian pengaruh terhadap mental, jadi ada rasa malu atau takut apabila misalkan memakai baju tanpa bra karena akan terlihat oleh orang lain," kata dr Abdul.

"Seperti dilihatin oleh orang lain, baik dari laki-laki maupun perempuan," lanjutnya.



Simak Video "Bra Memicu Kanker dan Bikin Kendur?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)