Sabtu, 09 Okt 2021 11:40 WIB

Apa Dampak Pakai BH yang Ukurannya Tidak Sesuai Payudara? Ini Kata Dokter

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi bra Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Memilih bra atau BH dengan ukuran yang sesuai jadi hal yang harus dihadapi perempuan. Terkait hal tersebut, kadang mungkin muncul situasi saat ukuran bra yang dipakai tidak pas dengan payudara.

Di masyarakat ada anggapan salah ukuran bra ini berbahaya karena bisa menimbulkan berbagai komplikasi kesehatan. Sebagai contoh ada yang menyebut bra malah bisa jadi pemicu kanker payudara, membuat postur tubuh jadi jelek, atau memicu nyeri punggung.

dr Widyastuti Srie Utami, SpOT(K), dari RS Pondok Indah Jakarta menegaskan bahwa ukuran bra sebetulnya tidak berhubungan dengan postur tubuh atau nyeri punggung. Apa yang mungkin menjadi sumber masalah justru karena ukuran payudara itu sendiri.

Menurut dr Widya, perempuan dengan payudara besar dan berat badan berlebih atau obesitas lebih berisiko sering nyeri punggung. Hal itu berdasarkan penelitian yang pernah ia baca.

"Nyeri punggung dapat terjadi karena punggung mempunyai beban topangan yang berlebih di sisi depan," tutur dr Widya pada detikcom.

Hal serupa juga diutarakan oleh spesialis bedah onkologi, dr Abdul Rachman, SpB(K)Onk, dari Primaya Hospital Tangerang. Ia mengatakan kejadian kanker payudara tidak berhubungan dengan kebiasaan memakai bra.

"Yang pasti tidak hubungan antara kanker payudara dengan salah memilih bra," ungkap dr Abdul dalam program e-Life detikcom, pada Jumat (8/10/2021).

Ia mengungkapkan salah memilih ukuran bra hanya bisa menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman bagi penggunanya. Namun, pada beberapa kasus memang bisa saja terjadi infeksi ketika payudara mengalami luka lecet.

"Selain itu, adanya penekanan pada kulit payudara karena salah ukuran juga bisa terjadi dermatitis atau reaksi pada kulit seperti kemerahan, gatal, nyeri, panas, dan bisa terjadi infeksi," pungkas dr Abdul.



Simak Video "Kesehatan Payudara dan Polemik Fungsi Bra"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)