Rabu, 06 Okt 2021 20:15 WIB

Yakin Tidak Pakai BH? Awas Bisa Nyeri Punggung Lho

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Woman in underwear store indoors horizontal shot. Ilustrasi bra. (Foto: Dok. iStock)
Jakarta -

Perdebatan perlu tidaknya pakai bra atau BH ternyata bukan sebatas soal penampilan. Pada beberapa orang, pakai BH juga bertujuan untuk mencegah nyeri punggung.

Ini berlaku terutama bagi pemilik payudara berukuran besar. Tak jarang ukuran payudara menjadi masalah bagi wanita. Pasalnya, payudara besar berisiko memicu sakit punggung bila tidak ditopang dengan benar.

Selama Work From Home (WFH) sebagian wanita mungkin memilih tidak mengenakan bra. Padahal, mengenakan bra dapat mencegah nyeri punggung. Sakit punggung, biasanya lebih banyak ditemui pada wanita dengan ukuran payudara yang besar. Secara umum, payudara besar diukur dengan ukuran bra di atas C-cup.

Bagi wanita yang mengalami sakit punggung akibat ukuran payudara besar, solusinya cukup dengan mengenakan bra. Selain mencegah sakit punggung, mengenakan bra juga bisa memperbaiki postur tubuh.

Dikutip Shape, Rabu (6/10/2021), Andrea Madrigrano, ahli bedah payudara dan profesor bedah dari Chicago menjelaskan sakit punggung ini terjadi lantaran adanya tekanan berlebih pada otot di bawah payudara.

"Payudara yang besar dan berat dapat memberikan tekanan berlebih pada otot-otot di bawah payudara yang pada gilirannya dapat menyebabkan nyeri dada, punggung, dan bahu," kata dr Madrigano.

Bra berfungsi sebagai penopang untuk mengurangi sebagian besar berat payudara dari dada, punggung, dan bahu. Tanpa menggunakan bra, payudara tidak ada penopang sehingga berat payudara dibebankan ke punggung.

Oleh karena itu, menggunakan bra dapat mencegah nyeri punggung, terutama pada wanita dengan ukuran payudara besar.



Simak Video "Kesehatan Payudara dan Polemik Fungsi Bra"
[Gambas:Video 20detik]
(Salwa Aisyah Sheilanabilla/up)