Selasa, 12 Okt 2021 14:01 WIB

Viral Curhat Wanita Sering Pusing Sampai Mati Rasa, Ternyata Idap Penyakit Ini

Syifa Aulia - detikHealth
Viral di tiktok sakit kepala berakhir malformasi Arteri-Vena Awalnya sakit kepala, wanita ini ternyata mengidap penyakit lain. (Foto: Tangkapan layar viral)
Jakarta -

Meyza Chaniago (19), wanita asal Jakarta ini menceritakan awal mula dirinya mengidap malformasi arteri-vena (AVM). Berawal dari sering sakit kepala selama beberapa tahun, ia kemudian dinyatakan dokter mengidap penyakit tersebut.

Saat dihubungi detikcom, ia mengungkapkan mulai sering sakit kepala dan pusing saat SMP kelas 7 pada 2015. Sakit kepala yang ia rasakan seperti ditusuk-tusuk. Gejala lain yang dirasakan adalah sebagian tubuhnya mengalami mati rasa secara tiba-tiba hingga tidak dapat digerakkan.

"Sebagian tubuh aku seperti kaki kanan dan tangan kanan suka tiba-tiba mati rasa. Aku juga tiba-tiba suka lupa bentuk huruf A sampai Z. Tapi nanti hilang 30 menit kemudian setelah minum obat," ungkap Meyza, pada Selasa (12/10/2021).

Dalam akun TikToknya @cashews.ss yang telah dilihat lebih dari 183 ribu kali dan disukai lebih dari 17 ribu orang, Meyza mengira sakit kepala yang sering dialaminya itu adalah hal yang biasa akibat kelelahan. Oleh karenanya, ia hanya meminum obat biasa yang dijual di warung ketika kambuh.

"Setelah masuk SMA itu pusing dan sakit kepalanya makin jadi. Terus lemas setengah badan, kayak stroke tapi setengah. Jadi kaki aku lemes nggak bisa jalan, tangan aku lemas mati rasa sebelah. Akhirnya aku memutuskan untuk ke dokter," tuturnya.

Sempat berganti dokter

Ia mengatakan mulai mengunjungi dokter saat SMA kelas 11 pada September 2018. Saat itu, ia melakukan pemeriksaan Computerized Tomography scan (CT scan) dan Elektroensefalogram (EEG).

"Hasil CT scan bagus, tapi di EEG itu ada ketidakseimbangan di otak. Akhirnya aku didiagnosa sama dokter pertama itu epilepsi. Selama dua tahun itu aku minum obat epilepsi tapi nggak ada perkembangan sama sekali, malah makin jadi," beber Meyza.

Ia lalu memutuskan untuk periksa ke dokter lain di tahun 2021 dan langsung melakukan Magnetic Resonance Imaging (MRI), hasilnya terlihat adanya pembuluh darah abnormal.

Pantangan yang dihadapi

Penyakit AVM ini membuat Meyza harus mematuhi beberapa pantangan seperti mengurangi konsumsi makanan cepat saji, tidak boleh kelelahan, stres, dan banyak berpikir.

"Ini untuk mencegah pecahnya pembuluh darah karena punya aku sudah besar pembengkakan pembuluh darahnya," pungkasnya.

Saat ini, Meyza masih dalam proses pengobatan dan rutin kontrol ke dokter.

Dikutip dari Mayo Clinic, AVM adalah kondisi abnormal pada pembuluh darah yang menghubungkan antara arteri dan vena. Kondisi tersebut muncul sejak lahir serta dapat mengganggu proses aliran darah dan sirkulasi oksigen.



Simak Video "Luapkan Emosimu Di Sini, Hancurkan Saja Semua Hingga Berkeping!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)