Rabu, 13 Okt 2021 08:33 WIB

Rusia Bakal Uji Vaksin COVID-19 Sputnik V Bentuk Semprotan Hidung, Seperti Apa?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Vaksin Covid-19: Putin sebut Sputnik V bisa diandalkan seperti senapan AK-47, kapan digunakan di Indonesia? Vaksin COVID-19 Sputnik. Foto: BBC World
Jakarta -

Rusia bakal menguji vaksin COVID-19 Sputnik V dalam bentuk semprotan hidung. Berdasarkan laporan tertulis yang terbit pada Selasa (12/10/2021), pengujian dilakukan kepada sukarelawan dewasa.

Mengingat, Rusia kini tengah berjuang untuk menekan peningkatan jumlah kasus positif dan kematian akibat COVID-19.

Dikutip dari Reuters, dalam keterangan tersebut juga tertulis, semprotan hidung tersebut bakal diterapkan dalam dua dosis di klinik St Petersburg. Dokumen yang diterbitkan pada daftar obat-obatan negara bagian tidak menyertakan waktu yang direncanakan untuk tes klinis.

Pada Juni 2021, pihak berwenang Rusia menyebut vaksin semprot hidung yang cocok untuk anak-anak berusia 8-12 tahun telah diuji dan rencananya akan meluncurkan produk baru pada September.

Presiden Vladimir Putin menyebut, Rusia memerlukan percepatan program vaksinasi COVID-19 lantaran negara tersebut baru-baru ini mencatat lonjakan angka kematian tertinggi akibat COVID-19.

Per 12 Oktober 2021, Rusia mencatat kematian akibat COVID-19 sebanyak 973 kasus, tertinggi semenjak kemunculan pandemi COVID-19.

Mengingat, Rusia mengembangkan dan meluncurkan vaksin Sputnik ketika pandemi COVID-19 melanda sejak tahun lalu. Akan tetapi, program vaksinasinya disebut terhambat lantaran banyak masyarakat tidak percaya terhadap pihak berwenang dan takut pada produk medis baru.



Simak Video "Alasan WHO Akhirnya Luluh soal Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)