Rabu, 13 Okt 2021 11:37 WIB

Kelamaan di Depan Laptop Saat WFH? Awas Kena Computer Vision Syndrome

Erika Dyah - detikHealth
Asian woman working with laptop notebook at home on sofa Foto: Getty Images/iStockphoto/interstid
Jakarta -

Aktivitas Work From Home (WFH) semakin lazim dilakukan semenjak adanya pandemi COVID-19. Meski memberi banyak kemudahan, ada bahaya yang juga mesti diwaspadai dari aktivitas yang menuntut penggunaan komputer atau gawai lain dalam waktu yang lama untuk bekerja, yakni terjadinya computer vision syndrome.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) dr. M. Sidik, SpM(K) mengatakan bekerja dengan komputer berlama-lama berpotensi mengakibatkan computer vision syndrome. Kondisi ini ditandai dengan mata yang memerah, berair, gatal, kadang-kadang sampai sakit kepala.

"Ini akibat bekerja terlalu lama dengan komputer karena bekerja dengan komputer adalah bekerja dengan jarak yang sama dan terus-menerus, berjam-jam," kata dr Sidik dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Rabu (13/10/2021).

Dalam konferensi pers Hari Penglihatan Sedunia yang berlangsung virtual pada Selasa (12/10), dr Sidik menjelaskan bahwa pada dasarnya computer vision syndrome adalah gejala kelelahan pada mata. Hal ini terjadi karena mata melihat layar komputer dengan jarak tertentu secara terus-menerus, bahkan sampai berjam-jam selama bekerja.

Ia menjelaskan aktivitas tersebut menyebabkan terjadinya kekakuan pada otot mata, sehingga saat melihat ke arah jauh objek terlihat ganda atau buram. Akan tetapi, efeknya hanya terjadi sesaat dan akan menjadi bahaya jika terbiasa seperti itu.

Untuk mencegah hal tersebut, dr. Sidik menyarankan untuk menggunakan komputer maksimal selama 2 jam lalu diselingi dengan istirahat 10 menit sampai 15 menit.

"Istirahat artinya berhenti dari melihat layar komputer maupun gawai, bukan berarti istirahat terus melihat gawai," tegasnya.

Lebih lanjut, dr Sidik menerangkan istirahat yang dimaksud adalah melihat objek yang jauh atau dengan tutup mata atau biasa disebut dengan 'rule of twenty'. Ia menambahkan rule of twenty ini merupakan metode yang dapat dipraktikkan dengan mudah, yakni setelah 20 menit bekerja dengan komputer mata istirahat selama 20 detik dengan melihat objek pada jarak 20 kaki atau sekitar 6 meter.

"Itu akan mengurangi beban mata, istirahatkan mata sejenak kemudian bekerja kembali," pungkasnya.



Simak Video "Resep Agar Mata Tak Merana Saat WFH"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)