Rabu, 13 Okt 2021 15:13 WIB

Bikin Syok! Viral Benjolan di Kepala Gegara Sering Digaruk Sampai Harus Operasi

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Viral di TikTok curhat pria idap tumor gara-gara keseringan garuk kepala. Viral curhat pria mengaku kena tumor gara-gara keseringan garuk kepala. (Foto: Rifki Antariksa, atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Baru-baru ini, beredar viral video di TikTok seorang pria yang muncul benjolan di kepala akibat salah jenis shampoo dan kebiasaan sering menggaruk-garuk kepala. Ternyata, apa yang dialami pria ini merupakan tumor jinak.

Pria tersebut adalah Rifki Antariksa. Melalui akun TikToknya @rifkiantariksa dan unggahan sorotannya di Instagram pribadinya @rifkiantariksa, ia menceritakan bagaimana awal mula benjolan di kepala muncul.

"Gara-gara salah shampoo dan suka digaruk harus dioperasi dan dibotakin," tulis Rifki dalam keterangan di videonya.

@rifkiantariksa

Reply to @kikymaulana05 gak lagi deh suka garuk2 kepala

♬ Langit - punyamu

Hal ini bermula lantaran Rifki salah memilih produk shampoo yang tidak cocok dengan kulit kepalanya sehingga mengakibatkan kulit kepala mengering dan terasa gatal. Tanpa disadari kemungkinan tangannya dalam keadaan kotor saat menggaruk kepala sehingga menimbulkan infeksi.

"Mungkin saat itu enggak sadar tangannya enggak bersih, jadi infeksi dan kulit kepala kering menyumbat saluran udara di kepala," jelasnya saat dihubungi detikcom, Rabu (13/10/2021).

Pada awalnya, benjol yang dialami Rifki tidak terasa sakit dan tidak melakukan tindakan apa-apa karena benjol belum membengkak. Baru sekitar sebulanan benjol semakin membengkak dan ia pun memutuskan untuk memeriksakan ke dokter.

Setelah diperiksa, dokter mendiagnosis Rifki mengalami lipoma yang masuk dalam kategori tumor jinak dan harus segera menjalani operasi. Dikutip dari Mayo Clinic, lipoma adalah benjolan lemak yang tumbuh lambat dan biasanya muncul di antara kulit serta lapisan otot di bawahnya.

"Memang tidak sakit sama sekali hanya saja karena sudah gede sangat ganggu dan kalau dipegang nyeri, jika dibiarkan akan mengakibatkan kanker," pungkas Rifki.

Setelah menjalani operasi dan dibolehkan pulang, Rifki rutin melakukan perawatan di area luka dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Dokter pun melarangnya keramas sampai jahitan dilepas supaya luka bisa cepat kering.



Simak Video "Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)