Jumat, 15 Okt 2021 06:11 WIB

Round Up

Mahasiswa Di-smackdown Berisiko Fatal, Ini Pesan dr Tirta

Tim detikHealth - detikHealth
dr Tirta usai vaksinasi Corona di Sleman Influencer dr Tirta (Foto: Jau Hari Wawan S)
Jakarta -

M Faris, mahasiswa yang di-smackdown atau dibanting oknum polisi Brigadir NP di Kabupaten Tangerang, mengaku baik-baik saja. Meski demikian, dokter mengingatkan risiko fatal saat dibanting dengan benturan keras di tulang punggung.

Influencer Tirta Madira Hudhi alias dr Tirta dalam unggahannya di media sosial mengingatkan bahwa tulang belakang adalah bagian dari sistem saraf pusat. Benturan di bagian tersebut sangat berbahaya dan harus dipantau dampaknya.

"Tindakan yang bersangkutan harus menjadi pelajaran, jangan terulang," tegas dr Tirta saat dihubungi detikcom, Kamis (14/10/2021).

Dokter saraf dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Irawati, SpS, menyampaikan pesan senada. Menurutnya, benturan pada tulang belakang adalah salah satu kegawatdaruratan yang bisa mencederai saraf.

"Misal bila cedera di daerah leher bisa mengakibatkan kelumpuhan kedua lengan dan kedua tungkai, bila di pinggang bisa lumpuh di kedua tungkai," lanjutnya.

Ketika terjadi benturan, dr Irawari menyarankan untuk segera dilakukan pemeriksaan. Kemungkinan adanya cedera harus diantisipasi.

"Tanyakan keluhannya, foto rontgen tulang belakang; bila curiga ada cedera saraf dilakukan MRI spine," saran dr Irawati.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Benarkah Mandi Harus Mulai dari Kaki ke Atas agar Tak Kena Stroke?"
[Gambas:Video 20detik]