Jumat, 15 Okt 2021 21:27 WIB

e-Life

Sering Pusing dan Sakit Perut? Awas, Itu Tandanya Stres

Syifa Aulia - detikHealth
Jakarta -

Pandemi COVID-19 ternyata bisa memicu stres, atau memperburuk stres yang sudah ada. Adanya perubahan kondisi fisik hingga perubahan emosi yang cepat dapat menjadi pertanda sedang mengalami stres.

Menurut psikolog sekaligus dosen Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Galang Lufityanto M.Psi, PhD, ada beberapa hal yang menandakan seseorang dalam kondisi stres. Salah satunya sering merasakan gangguan fisik.

"Orang yang sudah merasa stres itu biasanya dia sudah mulai merasakan gangguan fisik yang tidak jelas. Contohnya tiba-tiba sakit perut tapi kayaknya tidak ada yang salah dengan makanan," jelas Galang, dalam program e-Life detikcom, Jumat (15/10/2021).

Ia menuturkan hal itu adalah respons fisik yang acak karena stres. Saat seseorang menerima beban yang sangat tinggi, ada sistem saraf yang memberikan sinyal ke seluruh tubuh.

"Ini tergantung orangnya, kalau dia punya sistem pencernaan yang sensitif, dia biasanya akan sakit di situ. Kalau sering pusing dia akan sakit kepala. Tapi penyebabnya itu ya tidak ada," tambahnya.

Galang mengatakan ketika sudah muncul gangguan fisik yang mulai mengganggu dalam jangka panjang, namun tidak diketahui penyebabnya. Kondisi itu bisa berasal dari stres yang sedang dialami.

(up/up)