Senin, 18 Okt 2021 16:48 WIB

Menko Luhut dan Menkes Budi ke AS, Diskusi RI Produksi Obat Molnupiravir

Firdaus Anwar - detikHealth
Poster Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dikabarkan sedang berada di Amerika Serikat (AS). Keduanya akan bertemu dengan pihak perusahaan farmasi Merck, berdiskusi soal obat COVID-19 Molnupiravir.

Luhut mengatakan akan berdiskusi dengan Merck untuk membuat Indonesia sebagai produsen obat COVID-19 tersebut.

"Saya saat ini bersama Menteri Kesehatan sedang berada di Amerika Serikat untuk melakukan pertemuan dengan Merck mengenai Molnupiravir," kata Luhut dalam konferensi pers yang disiarkan akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (18/10/2021).

Lebih jauh Luhut menjelaskan total ada tiga jenis obat yang saat ini sedang ditelaah Indonesia untuk jadi obat COVID-19.

"Namun, saya dapat sampaikan bahwa kita tidak ingin hanya sekedar jadi pembeli. Kita harapkan menjadi produsen obat tersebut. Melakukan kerja sama, investasi, dan produksinya di Indonesia," ungkapnya.

Molnupiravir adalah salah satu obat oral baru untuk COVID-19 yang saat ini banyak diincar negara. Obat Molnupiravir disebut memiliki efektivitas yang baik terhadap COVID-19 karena dapat menurunkan risiko rawat inap dan kematian sampai 50 persen untuk kasus ringan dan sedang.



Simak Video "WHO Buka Suara soal Obat Oral Covid-19 Molnupiravir"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)