Rabu, 20 Okt 2021 15:21 WIB

IRT Hampir Tewas saat Bersihkan Toilet Usai Campur Pemutih-Pembersih, Kok Bisa?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Ilustrasi pasien di rumah sakit Ilustrasi. Foto: iStock
Jakarta -

Seorang ibu rumah tangga asal Malaysia berusia 26 tahun, Nur Idayu Izany, hampir meninggal dunia gara-gara mencampur cairan pembersih lantai dengan cairan pemutih saat membersihkan kamar mandi. Kok bisa?

Awalnya, Idayu baru saja pindah ke rumah baru di Bata Kawan. Sembari bersih-bersih rumah termasuk area kamar mandi, ia berinisiatif mencampur pemutih dengan pembersih lantai. Ia pikir, idenya tersebut tak akan berimbas fatal.

"Saya membersihkan toilet rumah dengan menggunakan cairan pemutih dan pembersih lantai. Saya menuang tersebut cairan itu sangat banyak karena saya anggap cairan itu biasa saja," terang Idayu, dikutip dari MStar, Rabu (20/10/2021).

"Campuran itu tidak berbau apa-apa. Warnanya putih, tetapi ketika dicampur otomatis keluar buih. Setelah itu menjadi kekuningan," sambungnya.

Lama-kelamaan, muncul bau tajam dari campuran pembersih dan pemutih tersebut. Ia dan anaknya yang berusia enam bulan mendadak batuk-batuk. Ia sampai sulit bernapas lantaran aroma menyengat tersebut mulai mengganggu pernapasannya.

"Ketika saya mencium bau campuran di ember, itu benar-benar tajam, seperti bau asam. Saya panik karena baunya menyebar ke rumah secara kebetulan, pintu dengan jendela tidak terbuka," ujarnya.

"Karena panik, saya mencampur air dalam ember dan kemudian menuangkan campuran itu ke toilet, tetapi pada saat itu saya mulai batuk tanpa henti. Saya coba bernafas lewat mulut tapi bau itu masuk sampai dada. Saya sesak tidak bisa bernafas, saya terengah-engah kemudian muntah," sambung Idayu.

Sesampainya di rumah, sang suami yang menyaksikan kejadian tersebut langsung memboyong Idayu dan sang anak ke rumah sakit. Meski ia dan anaknya terselamatkan, Idayu sempat menangis lantaran takut bakal tewas.

"Suami saya dengan cepat membawa saya ke rumah sakit. Untungnya anak saya baik-baik saja. Dia hanya menangis karena dia batuk. Ketika di dalam mobil terbuka AC kuat dia baik-baik saja. Tapi saya masih tidak bisa bernafas," bebernya.

Dari pengalaman tersebut, Idayu mengingatkan betapa pentingnya membaca dan mematuhi anjuran pada produk. Dalam produk pembersih yang digunakannya tertera, produk tersebut tak boleh dicampurkan dengan bahan kimia lain apa pun.



Simak Video "Luapkan Emosimu Di Sini, Hancurkan Saja Semua Hingga Berkeping!"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)