Kamis, 21 Okt 2021 09:35 WIB

Osteoporosis Mengancam Masa Tua, Lakukan Hal Ini untuk Mencegahnya!

Eqqi Syahputra - detikHealth
Lansia Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kata Osteoporosis memiliki arti tulang keropos. Osteoporosis adalah jenis penyakit yang melemahkan tulang, dan memiliki risiko besar mengalami patah tulang secara tiba-tiba dan tidak terduga bagi pengidapnya. Penyakit ini ditandai dengan adanya kepadatan tulang yang rendah dan kerusakan struktural pada tulang.

Lebih lanjut, penyakit ini sering berkembang tanpa adanya gejala atau rasa sakit, dan biasanya tidak dapat dideteksi sampai tulang melemah hingga menyebabkan patah tulang. Sebagian besar kasus patah tulang pada osteoporosis terjadi pada patah tulang panggul, pergelangan tangan dan tulang belakang.

Selain itu, sekitar 200 juta orang di dunia diperkirakan menderita osteoporosis. Meskipun osteoporosis terjadi pada pria dan wanita, wanita empat kali lebih mungkin terkena penyakit ini ketimbang pria. Setelah usia 50 tahun, satu dari dua wanita dan satu dari empat pria akan mengalami patah tulang yang disebabkan oleh osteoporosis dalam hidup mereka.

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah osteoporosis dan memperkuat serta meningkatkan kesehatan tulang kamu. Melansir dari Piedmont.org, berikut empat langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir risiko osteoporosis.

1. Konsumsi Kalsium dan Vitamin D

Kalsium berperan penting untuk membantu membangun kekuatan tulang, namun kebanyakan orang tidak mendapatkan jumlah kalsium harian yang dibutuhkan. Makan makanan kaya kalsium adalah cara tepat yang bisa didapatkan pada susu, sayuran, kacang-kacangan, atau dengan mengonsumsi suplemen kalsium. Selain itu, Vitamin D juga penting untuk melindungi tulang. Kamu bisa mendapatkan vitamin D dengan cara mendapatkan sinar matahari yang cukup, mengonsumsi makanan kaya vitamin D seperti ikan dan telur, atau mengonsumsi suplemen.

2. Lakukan Latihan Beban dan Otot Secara Teratur

Latihan menahan beban seperti menari, hiking, berjalan di atas treadmill atau aerobik low-impact dapat membantu kamu membangun tulang dan menjaganya tetap kuat. Sedangkan latihan penguatan otot seperti angkat beban atau bahkan yoga dan pilates dapat membantu kamu meningkatkan kekuatan tulang, keseimbangan dan fleksibilitas.

3. Tidak Merokok dan Tidak Minum Alkohol

Merokok telah diidentifikasi sebagai faktor risiko osteoporosis. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan tembakau sangat berpengaruh pada penurunan kepadatan tulang. Kamu juga harus membatasi asupan alkohol atau bahkan tidak sama sekali, karena minum alkohol juga terbukti dapat menyebabkan terjadinya keropos tulang.

4. Periksakan

Pemeriksaan sangat berguna untuk kamu mendapatkan pindaian dan menemukan kejelasan apakah kamu mengidap osteoporosis atau tidak. Pemeriksaan berkala ke ahlinya sangat disarankan untuk orang-orang seperti; wanita usia 65 tahun ke atas, wanita pasca menopause di bawah 65 tahun dengan faktor risiko, pria 70 tahun ke atas, pria 70 tahun ke bawah dengan faktor risiko, orang dewasa dengan fraktur akibat kerapuhan tulang, dan orang dewasa dengan kondisi penyakit, atau pengobatan yang berhubungan dengan kepadatan tulang yang rendah atau tulang keropos.

Sebagai pelengkap, kamu bisa menghindari osteoporosis dengan mengonsumsi nutrisi harian seperti susu Ensure.

Ensure memiliki nutrisi lengkap seimbang dengan kandungan triple protein, yakni kombinasi formula unik whey, kasein dan soya, serta omega 3 dan 6, 14 vitamin dan 9 mineral, rendah laktosa, dan nutrisi penting lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh.

Ensure terbukti secara klinis merupakan brand dengan penjualan nomor 1 di dunia, serta produk bernutrisi nomor 1 yang direkomendasikan di Indonesia berdasarkan data Euromonitor International Limited; Consumer Health 2020 edition, per Supplement Nutrition Drinks category definition, retail value sales RSP, 2019.

Minum Ensure dua gelas sehari untuk bantu daya tahan tubuh dan kekuatan untuk aktif sepanjang hari. Untuk informasi lebih lanjut mengenai gaya hidup sehat, kamu dapat mengakses website ensure.co.id.



Simak Video "Kemenkes Minta 4 Daerah Ini Susun Ulang Strategi Vaksinasi Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)