Minggu, 24 Okt 2021 05:31 WIB

AS Siap Beri Vaksin COVID-19 untuk 5-11 Tahun, Indonesia Kapan?

Ari Purnomo - detikHealth
dr. Reisa Broto Asmoro Foto: dok. BNPB
Solo -

Kehadiran vaksin COVID-19 untuk anak di bawah 12 tahun sangat dinantikan oleh sejumlah wilayah, seperti Kota Solo. Terkait dengan hal itu, Satgas COVID-19 nasional memberikan penjelasan mengenai belum adanya vaksin untuk usia 12 tahun ke bawah.

"Vaksin untuk di bawah 12 tahun, memang di beberapa negara sudah tersedia, tapi di Indonesia sendiri belum tersedia," terang Juru Bicara Satgas COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro saat ditemui wartawan di Solo, Sabtu (23/10/2021).

Hal ini karena, Reisa melanjutkan, WHO belum memutuskan untuk membolehkan penggunaan vaksin COVID-19 untuk anak di bawah 12 tahun. Maka dari itu, pemerintah pun mengikuti apa yang dianjurkan oleh WHO itu.

"Maka kita mengikuti anjuran dan aturan dari sana WHO. Kita masih menunggu adanya subjek penelitian yang memadai," ujarnya.

Selain itu, dari Badan POM sendiri juga menginginkan adanya standar sesuai dengan yang dicanangkan selama ini. Sehingga, jika memang belum ada standar maka belum bisa digunakan.

"Jadi kalau dari Badan POM inginnya sesuai dengan standar yang sudah dicanangkan selama ini. Jadi yang penting soal keamanan dan efektivitasnya," ucapnya.

"Kalau dua yang utama itu terpenuhi maka bisa mulai dicanangkan, tapi karena sejauh ini belum ada yang mencukupi itu maka belum tersedia. Kita doakan secepatnya," sambungnya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sendiri juga masih menunggu instruksi dari pemerintah. Jika memang ada vaksin untuk anak di bawah 12 tahun maka Pemkot Solo akan mengadakannya.

"Saya nunggu perintah saja, kalau memang vaksin untuk anak di bawah 12 boleh ya saya langsung suntik saja. Ini masih nunggu BPOM, keputusannya bukan di saya," ungkapnya.



Simak Video "Pemerintah Minta Produsen Vaksin Covid-19 Penuhi Target Pengiriman"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)