Senin, 25 Okt 2021 07:12 WIB

China Kembali Wanti-wanti Soal COVID-19, Ada Apa?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Otoritas China bersiap memeriksa ratusan ribu sampel darah dari bank darah yang ada di kota Wuhan sebagai bagian dari penyelidikan asal-usul virus Corona (COVID-19). Foto: Getty Images
Jakarta -

Otoritas China menyebut lonjakan kasus COVID-19 mungkin akan menyebar lebih jauh. Negara tersebut baru-baru saja meningkatkan pengawasan untuk perjalanan dan menyerukan pengurangan mobilitas sebagai langkah menekan infeksi.

Sebagian besar wilayah China telah berhasil menahan laju penularan lokal, terutama menjelang Olimpiade Musim Dingin 2022 yang akan digelar 2022 mendatang. Hanya saja, ada lebih dari 100 kasus yang ditularkan secara lokal dalam sepekan terakhir di 11 provinsi, sebagian besar terkait dengan wisata.

"Ada peningkatan risiko bahwa wabah mungkin menyebar lebih jauh, dibantu oleh 'faktor musiman'," kata juru bicara Komisi Kesehatan Nasional, Mi Feng, dikutip dari Reuters, Senin (25/10/2021).

Varian Delta yang menyebabkan wabah juga sangat mudah menular, kata wakil direktur komisi Wu Liangyou, menambahkan bahwa urutan genom virus berbeda dari sumber wabah sebelumnya, menunjukkan bahwa kasus baru berasal dari sumber baru dari luar negeri.

Ibu kota Beijing mengatakan akan memberlakukan pembatasan ketat pada perjalanan ke kota oleh orang-orang yang pernah ke kabupaten dengan setidaknya satu infeksi.

Sebagai langkah pencegahan, China memberikan suntikan penguat atau booster kepada orang dewasa yang dosis terakhirnya setidaknya enam bulan sebelumnya, dengan kelompok prioritas termasuk pekerja esensial, orang tua dan mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah.

Wang Huaqing, kepala ahli program imunisasi di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, mengatakan China tidak akan terus memberikan booster kepada orang-orang tanpa batas waktu.

"Kalaupun nanti perlu diperkuat, jumlah boosternya terbatas," kata Wang.



Simak Video "Apakah Suntikan Booster Efektif Lawan Varian Baru Covid-19?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)