Selasa, 26 Okt 2021 13:20 WIB

Fakta Kim Seon Ho dan Mantan Dibongkar, Ini Tanda Hubungan Sudah Toxic

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kim Seon Ho Foto: Instagram @ seonho__kim
Jakarta -

Forum online Dispatch membongkar riwayat hubungan aktor Kim Seon Ho dengan mantannya, Choi Young-ah, yang menuding adanya pemaksaan aborsi dan gaslighting di hubungannya yang lalu.

Dispatch mengungkap isi obrolan chat aktor 'Hometown Cha Cha Cha' itu dengan mantannya. Dari obrolan tersebut didapatkan ada beberapa hal yang didistorsi, salah satunya terkait aborsi.

Hubungan Kim Seon Ho dan mantannya ini oleh banyak pihak, disebut toxic atau hubungan yang tidak sehat. Psikolog Carla Marie Manly, PhD, sekaligus penulis Joy from Fear mengatakan tergantung pada sifat hubungannya, tanda-tanda toxic relationship bisa tidak kentara atau sangat jelas.

"Hubungan yang sehat didasarkan pada keinginan bersama untuk melihat orang lain berhasil di semua bidang kehidupan. Tetapi ketika keadaan berubah menjadi racun, setiap pencapaian menjadi kompetisi," kata Carla dikutip dari Healthline.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi tanda hubungan kamu sudah tidak sehat atau toxic. Jika kamu berada di dalamnya, mungkin ada tanda-tanda ini pada pasangan, hubungan, atau mungkin diri kamu sendiri.

1. Komunikasi yang buruk

Alih-alih memperlakukan satu sama lain dengan baik, sebagian besar percakapan dalam hubungan toxic diisi dengan sarkasme, kritik, atau permusuhan terbuka. Kamu bahkan mungkin mulai menghindari berbicara satu sama lain.

Menurut Kamil Lewis, AMFT, seorang terapis seks dan hubungan di California Selatan, bentuk-bentuk komunikasi yang tidak baik meliputi:

  • berteriak
  • memanggil sambil mengucap kata kotor
  • melempar dan menghancurkan barang
  • menggunakan tubuh untuk intimidasi

2. Mengontrol perilaku

Pasangan tidak memiliki hak untuk mengontrol tindakanmu secara berlebihan. Salah satu perilaku pengendalian yang harus diwaspadai adalah mengancam kehilangan sesuatu, seperti stabilitas keuangan atau waktu bersama keluarga dan orang lain.

"Ancaman-ancaman ini menimbulkan ketakutan pada banyak orang dan saya menemukan ini adalah alasan banyak, banyak orang tetap berada dalam hubungan yang tidak sehat dan tidak bahagia bahkan ketika berharap hubungan itu berakhir," kata terapis J. Woodfin Counseling di San Jose, California.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bela Idola Meski Salah, Psikolog: Tak Siap Terima Kekurangannya"
[Gambas:Video 20detik]