Rabu, 27 Okt 2021 21:17 WIB

Marshanda Jalani Perawatan Bipolar di AS, Pakai 'Obat Bius Kuda'?

Akbar Malik - detikHealth
Marshanda saat ditemui di studio Trans TV. Marshanda (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Marshanda dikabarkan pergi ke Amerika Serikat untuk menjalani terapi pengobatan gangguan bipolar yang dimilikinya. Salah satu jenis terapi pengobatan yang diambil Marshanda adalah ketamine. Apa dan bagaimana ketamine bekerja?

Ketamine adalah obat bius total yang digunakan untuk menghilangkan kesadaran pasien yang akan menjalani operasi. Dalam kasus gangguan bipolar, ketamine dianggap ampuh untuk memberikan terapi kepada para pengidap bipolar.

Dikutip dari Institute for Advanced Psychiatry, bipolar adalah gangguan kesehatan mental yang resisten terhadap pengobatan biasa. Lebih dari itu, bipolar dekat dengan upaya bunuh diri yang tinggi. Oleh karena itu, pengobatan bipolar harus ditempuh melalui terapi yang berbeda.

Penanganan khusus terhadap bipolar ternyata ampuh menggunakan ketamine. Ketika bipolar tidak mempan melalui pengobatan biasa, ketamine mampu bekerja secara efektif kepada pasien bipolar.

Studi yang dilakukan Institute for Advanced Psychiatry mengemukakan bahwa infus ketamine pada penderita bipolar menghasilkan kemajuan yang signifikan. Hasilnya, depresi bisa ditekan.

Selain itu, penelitian yang dipublikasikan oleh Elsevier menjelaskan bahwa ketamine telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif dan cepat untuk mengatasi depresi pada pengidap bipolar. Data yang Elsevier bagikan memaparkan bahwa ketamine menjadi pengobatan yang aman untuk menekan depresi.

Uniknya, konon ketamine ini digunakan pula sebagai obat untuk kuda. Meski begitu, dokter di Amerika Serikat telah banyak menggunakan ketamine sebagai pengobatan manusia, khususnya bipolar. Lebih dari itu, Badan Obat dan Makanan (FDA) Amerika pun telah menyetujui penggunaan ketamine sebagai pengobatan bipolar.



Simak Video "Pandemi Sebabkan Masalah Kesehatan Mental Indonesia Meningkat 9 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)