Kamis, 28 Okt 2021 10:13 WIB

Dokter Malaysia Berhasil Ciptakan Kondom Unisex Pertama di Dunia!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Collection of colorful condomsSelective focus; shallow DOF Ilustrasi kondom. (Foto: istock)
Jakarta -

Seorang ginekolog asal Malaysia telah berhasil menciptakan kondom unisex pertama di dunia yang dapat dipakai oleh wanita atau pria. Kondom ini terbuat dari bahan-bahan medis yang biasanya digunakan sebagai pembalut luka.

Penemunya berharap kondom 'Wondaleaf Unisex' ini akan bisa membuat banyak orang untuk lebih mengontrol kesehatan seksual mereka terlepas dari jenis kelamin atau orientasi seksual.

"Ini pada dasarnya adalah kondom biasa dengan penutup perekat," kata John Tang Ing Chinh, seorang ginekolog di perusahaan medis Twin Catalyst dikutip dari Reuters, Kamis (28/10/2021).

Setiap satu kotak Wondaleaf berisi dua kondom, dengan harga 14,99 ringgit atau sekitar Rp 50 ribu. Harga rata-rata untuk selusin kondom di Malaysia adalah 20-40 ringgit.

Tang membuat kondom menggunakan poliuretan, bahan yang digunakan dalam pembalut luka transparan yang tipis dan fleksibel namun kuat dan tahan air.

"Begitu memakainya, Anda akan tidak menyadari bahwa itu ada di sana," ungkapnya.

Tang mengatakan Wondaleaf telah melalui beberapa penelitian dan pengujian klinis dan akan tersedia secara komersial melalui situs web perusahaan Desember ini.

"Berdasarkan jumlah uji klinis yang telah kami lakukan, saya cukup optimis bahwa ini akan menjadi tambahan bagi banyak metode kontrasepsi yang digunakan dalam pencegahan kehamilan yang tidak diinginkan dan penyakit menular seksual," kata Tang.

Lihat juga Video: Rokok hingga Sex Toys Dimusnahkan Bea Cukai Solo

[Gambas:Video 20detik]



(kna/up)