Kamis, 28 Okt 2021 10:41 WIB

Juara Olimpiade Pun Tumbang, Apa Sih Pemicu Cedera pada Atlet Bulutangkis?

Ayunda Septiani - detikHealth
Denmarks Viktor Axelsen competes against Guatemalas Kevin Cordon during their mens singles badminton semifinal match at the 2020 Summer Olympics, Sunday, Aug. 1, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Markus Schreiber) Viktor Axelsen. Foto: (AP/Markus Schreiber)
Jakarta -

Pemain bulu tangkis tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen terpaksa mengundurkan diri untuk Turnamen French Open 2021. Cedera menjadi alasan utamanya mundur dari kejuaraan tersebut.

Viktor Axelsen pun menjelaskan alasan situasi yang dialaminya. Axelsen menyebut jika dirinya sudah mengalami cedera sejak final Denmark Open 2021.

Dalam beberapa hari ini, Axelsen berusaha melakukan pemulihan, namun apa yang dirasakan Axelsen saat pertandingan tidak terlalu baik.

"Setelah berkonsultasi dengan tim, saya memutuskan untuk mencobanya selama pemanasan terakhir. Sayangnya saya cepat merasa bahwa belum siap untuk bersaing minggu ini. Saya kecewa karena tidak sabar untuk bermain di depan penonton Prancis yang luar biasa," jelas Viktor dalam Twitternya pada Rabu (27/10/2021).

Dianggap sebagai olahraga raket tercepat, pemain bulutangkis membutuhkan stamina aerobik, kelincahan, kekuatan, kecepatan, dan ketepatan, dan koordinasi motorik yang baik dan gerakan raket yang kompleks.

Dalam studi Badminton Injuries in Elite Athletes: A Review of Epidemiology and Biomechanics yang dipublikasikan di laman NCBI, permainan bulutangkis secara fisik menantang dan menuntut gerakan ekstremitas atas dan bawah berulang yang kompleks dengan variasi postur yang konstan dan dapat menimbulkan risiko tinggi cedera berlebihan pada sistem muskuloskeletal apendikular dan aksial.

Permainan ini memerlukan gerakan yang cepat dengan perubahan arah yang tajam. Hal ini yang menempatkan pemain pada risiko cedera traumatis non-kontak pada sendi dan oto-tendon.

Hal tersebut yang membuat pemain bulutangkis risiko cedera traumatis non-kontak pada sendiri dan unit otot-tendon.



Simak Video "Tes WGS Diwajibkan bagi Pelancong dari Wilayah Terpapar Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)