Kamis, 28 Okt 2021 13:04 WIB

Syarat Perjalanan Terbaru Keluar, Selain Pesawat Tetap Bisa Pakai Tes Antigen

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
JAKARTA, INDONESIA - APRIL 25: Airline and airport staff walk though the nearly empty Soekarno-Hatta International Airport on April 25, 2020 in Jakarta, Indonesia. As Muslims mark the start of Ramadan, Indonesia announced a temporary ban on nearly all travel into and out of the country including by air, boat, train and road to prevent the spread of COVID-19. (Photo by Ed Wray/Getty Images) Naik pesawat wajib PCR! Foto: Getty Images/Ed Wray
Jakarta -

Satgas COVID-19 mengeluarkan syarat perjalanan di masa pandemi. Salah satunya terkait masa berlaku RT PCR untuk perjalanan.

Dalam Addendum SE No 21 Tahun 2021 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri, masa berlaku tes PCR telah diubah menjadi 3x24 jam. Berikut aturan lengkapnya:

Transportasi udara

Jawa-Bali

Pelaku perjalanan jarak jauh dengan moda transportasi udara dari dan ke Jawa-Bali wajib menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama) dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Luar Jawa-Bali

Pelaku perjalanan jarak jauh dengan moda transportasi udara dari dan ke daerah di luar wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali wajib menunjukan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama) dan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Transportasi lainnya

Moda transportasi laut, darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum, penyeberangan dan kereta api antarkota dari dan ke daerah di wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali wajib menunjukan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama).

  • Hasil negatif PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam, atau;
  • Hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.


Simak Video "Ahli Nilai Syarat Perjalanan Lebih Tepat Pakai Antigen, Bukan PCR"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)