ADVERTISEMENT

Senin, 01 Nov 2021 15:20 WIB

Sinovac untuk 6-11 Tahun Dapat Restu BPOM RI, Pfizer-Sinopharm Menyusul!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) memberikan izin penggunaan darurat EUA vaksin Sinovac pada anak rentang 6 hingga 11 tahun. Selain vaksin Sinovac, vaksin COVID-19 untuk anak yang kini tengah berproses di BPOM adalah vaksin Sinopharm.

"Ada vaksin Sinopharm sedang dalam proses sebagaimana disampaikan proses dari evaluasi penilaian ini sedang bertahap karena membutuhkan waktu lama," ujar Penny K Lukito dalam siaran pers daring Senin (1/11/2021).

Proses izin EUA membutuhkan waktu lebih lama terkait kelengkapan data dari masing-masing perusahaan farmasi vaksin COVID-19. Sementara vaksin Pfizer yang baru disetujui beberapa waktu lalu oleh FDA, juga rencananya akan berproses terkait izin di BPOM RI.

Persetujuan vaksin COVID-19 Pfizer untuk rentang usia 12 tahun bisa segera diberikan mengingat ada mekanisme tertentu dalam penilaian data keamanan.

"Terutama dalam masa kedaruratan ini kami bisa dengan cepat memberikan izin penggunaan di Indonesia," sambung Penny.

"Karena Pfizer juga sudah masuk ke Indonesia dan hanya kami tentunya membutuhkan yang bersangkutan dalam hal ini pihak Pfizer untuk mendaftarkan produk tersebut utk penggunaan anak," kata dia.

Penny menyebut BPOM juga aktif mengejar data keamanan vaksin Pfizer kepada perusahaan untuk sesegera mungkin menyediakan beragam pilihan jenis vaksin COVID-19 bagi usia anak 12 tahun ke bawah.

(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT