Senin, 01 Nov 2021 16:03 WIB

BPOM: Imunogenitas Vaksin Sinovac untuk Anak 6-11 Tahun 96 Persen!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) menyetujui vaksin Sinovac untuk usia 6-11 tahun. Vaksin Sinovac juga memiliki imunogenitas tinggi pada usia anak.

"Jadi hasil uji klinis anak-anak ini lebih ke aspek keamanan dan imunogenisitas, Jadi imugenositasnya menunjukkan persentasenya yg cukup tinggi 96 persen," kata Kepala BPOM Penny K Lukito dalam konferensi pers virtual, Senin (1/11/2021).

Sebagai catatan, imunogenisitas adalah tingkat respons tubuh terhadap vaksin. Ini berarti respons vaksin Sinovac cukup baik untuk melindungi kelompok anak dari paparan COVID-19.

Lebih lanjut, vaksin Sinovac dinilai memicu respons kekebalan yang tinggi di usia anak dan remaja. Dari aspek imunogenitas, berdasarkan hasil uji klinis 1 dari 550 anak, vaksin bisa menginduksi antibodi.

Selain itu data studi menunjukkan bahwa dua dosis intramuskular CoronaVac yang diberikan dengan jarak 28 hari aman dan dapat ditoleransi dengan baik pada populasi anak.

Penny mengatakan vaksin Sinovac adalah yang pertama diberikan izin persetujuan penggunakan pada usia 6-11 tahun. Ke depannya, vaksin lain seperti Pfizer juga akan dievaluasi untuk diberikan izin penggunaan pada kelompok anak.

"Ini adalah vaksin pertama yang terdaftar di BPOM yang bisa diberikan kepada anak 6 sampai 11 tahun," sebut Penny.

(kna/up)