Selasa, 02 Nov 2021 10:34 WIB

Indonesia Masuk 'Zona Hijau' Versi AS, Tanda-tanda COVID-19 Segera Lenyap?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pandemi COVID-19 DKI Jakarta makin hari makin terkendali. Salah satu indikatornya persentase kasus positif COVID-19 sudah berada di angka 0,9 persen. Indonesia masuk level 1 COVID-19. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) menurunkan level COVID-19 di Indonesia. Indonesia kini menjadi negara dengan tingkat pengendalian pandemi yang baik dan masuk kategori level 1 menurut lembaga AS tersebut.

Indonesia bersanding dengan beberapa negara lain yang berada di level 1 di antaranya Kuwait, Bhutan, Selandia Baru, Taiwan, dan Hong Kong. Level penularan COVID-19 ini digunakan untuk memperingatkan wisatawan tentang ancaman kesehatan di seluruh dunia dan memberi saran tentang cara melindungi diri.

Beberapa negara juga sudah melonggarkan aturan perjalanan untuk warga Indonesia dan membolehkan warganya berkunjung ke Tanah Air, seperti AS, Thailand, dan Australia.

Perkembangan COVID-19 di Indonesia dalam beberapa pekan terakhir memang menunjukkan perbaikan. Banyak wilayah juga sudah mulai masuk level 1 PPKM atau daerah dengan penularan rendah COVID-19.

Hanya saja penurunan ini tidak bisa dimaknai COVID-19 sudah lenyap dari Tanah Air. Satgas IDI Prof Zubairi Djoerban mengatakan meski Indonesia ditetapkan CDC sebagai negara berisiko rendah COVID-19, masyarakat tetap harus taat menjalani protokol kesehatan.

"Perketat dan awasi karantina. Jangan lupa ada 105 kabupaten kota yang kasus positifnya naik," cuitnya di akun Twitter pribadinya, Selasa (2/11/2021).



Simak Video "Indonesia Kini Level 1 Penularan Covid-19 Menurut CDC AS"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)