Selasa, 02 Nov 2021 14:45 WIB

Mengenal Mayo Clinic, RS Tempat SBY Jalani Pengobatan Kanker Prostat

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan bertolak ke Amerika Serikat untuk menjalani pengobatan kanker prostat. Disinyalir, rumah sakit pilihan SBY adalah Mayo Clinic.

"Di US, di Mayo ya, di dekat, di Minneapolis ya. Dari Minneapolis itu 1,5 jam lagi di Mayo. Itu khusus untuk cancer," ujar Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Syarief Hasan di kompleks parlemen, Senayan, Selasa (2/11/2021).

Dikutip dari laman resminya, Mayo Clinic berfokus merawat pasien dengan penyakit serius dan kompleks. Mereka beroperasi di lima negara bagian dan merawat lebih dari satu juta orang per tahun, dari 50 negara bagian dan hampir 140 negara.

Mayo Clinic tersebar di beberapa wilayah di AS seperti Minessota, Arizona, dan Florida. Mereka juga memiliki klinik di London, Inggris.

Mayo Clinic Minessota mendapatkan peringkat pertama dari US News & World Report untuk spesialisasi perawatan kompleks, mempertahankan posisi ini selama 27 tahun. Mayo Clinic mendapatkan peringkat pertama pada perawatan:

  • Diabetes dan endokrinologi
  • Gastroenterologi
  • Geriatri
  • Ginekologi
  • Nefrologi
  • Paru-paru
  • Urologi

Mayo Clinic juga memiliki pusat perawatan kanker atau Cancer Center yang ditunjuk langsung oleh National Cancer Institute. Rumah sakit ini juga kerap menjadi rujukan untuk studi tingkat internasional.

Cancer Center berfungsi sebagai pusat koordinasi penelitian untuk Academic and Community Cancer Research United (ACCRU).

ACCRU adalah jaringan penelitian klinis kanker dari institusi akademik dan praktik onkologi komunitas yang bekerja sama dengan mitra industri untuk mengembangkan dan melakukan uji klinis dan studi tertulis penyelidik.

Mayo Clinic juga berbagi apa yang mereka pelajari dengan anggota lain dari Jaringan Kanker Komprehensif Nasional, aliansi nirlaba dari pusat kanker terkemuka yang didedikasikan untuk meningkatkan kualitas, efektivitas dan efisiensi perawatan untuk pasien kanker.

(kna/up)