Rabu, 03 Nov 2021 05:00 WIB

Perlu Tahu! 4 Obat Tradisional untuk Mencegah Kanker Prostat

Astika - detikHealth
ilustrasi kankr prostat Obat tradisional kanker prostat (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Kanker prostat menjadi penyebab paling umum ketiga kematian pada pria dan paling banyak dialami oleh pria berusia di atas 50 tahun. Beberapa obat tradisional diyakini bisa menurunkan risiko kanker prostat.

Pria yang mengidap kanker prostat biasanya akan mengalami peningkatan kadar PSA (prostate specific antigen) dan menunjukkan gejala seperti kesulitan buang air, nyeri punggung bagian bawah hingga sakit saat ejakulasi.

Saat ini beberapa cara telah diupayakan untuk mengobati kanker prostat seperti melalui operasi, terapi radiasi, imunoterapi, dan kemoterapi.

Namun, pendekatan secara alami menggunakan pengobatan tradisional dapat menjadi opsi untuk mencegah dan menangani kanker prostat.

Dikutip dari Verywell Health, berikut beberapa zat alami yang dapat menjadi obat tradisional kanker prostat:

1. Likopen

Senyawa likopen yang banyak ditemukan di tomat dan semangka memiliki efek sebagai antioksidan. Sehingga konsumsi makanan ini secara teratur dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat.

2. Vitamin D

Beberapa panelitian menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang optimal di dalam tubuh dapat melindungi dari kanker prostat. Selain melalui paparan sinar matahari, vitamin D dapat diperoleh melalui makanan seperti ikan salmon, jamur, dan kuning telur.

3. Asam Lemak Omega 3

Dalam sebuah penelitian di tahun 2009 terhadap 466 pasien kanker prostat progresif, para ilmuwan menemukan bahwa asupan asam lemak omega 3 yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko kanker prostat ganas. Beberapa makanan yang banyak mengandung asam lemak omega adalah ikan makarel, tiram, salmon, sarden, kedelai, dan kacang kenari.

4. Teh Hijau

Hasil penelitian yang diterbitkan di tahun 2008 dan melibatkan 49 ribu pria menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau dapat menurunkan risiko kanker prostat berkembang menjadi stadium yang lebih parah.



Simak Video "Pantangan Makanan untuk Pasien Kanker Prostat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)