ADVERTISEMENT

Rabu, 03 Nov 2021 10:03 WIB

PPKM Level 1 Bikin Aturan Makin Longgar, Nggak Takut Gelombang Ke-3?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Aturan masuk mal selama masa PPKM level 3 Jawa-Bali kembali melakukan penyesuaian untuk anak di bawah 12 tahun. Salah satunya di Mall Artha Gading, Jakarta. Pelonggaran aturan pada wilayah PPKM level 1. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

DKI Jakarta dan sejumlah wilayah lain masuk level 1 PPKM. Sejumlah aktivitas dan kegiatan masyarakat mulai dilonggarkan, mal bahkan sudah bisa menerima pengunjung dengan kapasitas 100 persen.

Aturan PPKM level 1 yang diterapkan di sejumlah wilayah di Jawa-Bali sejalan dengan kasus COVID-19 di Indonesia yang sudah mulai melandai. Namun di sisi lain, ada kekhawatiran munculnya gelombang ketiga.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemerintah antisipasi dengan munculnya gelombang ketiga. Namun ke depannya, aturan akan disesuaikan dengan data PPKM.

"Mesti kita cek data PPKM-nya ya," katanya saat dihubungi detikcom, Rabu (3/11/2021)

Pelonggaran PPKM juga disinggung oleh epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman. Dicky mengatakan ketika mal dibuka hingga 100 persen, akan ada potensi memicu penularan COVID-19.

Potensi dan risiko klaster COVID-19 juga akan muncul ketika tidak adanya skrining ketat yang dilakukan pihak mal. Belum lagi, sirkulasi udara juga harus diperhatikan jika ingin membuka mal 100 persen.

"Potensi dan resikonya ini akan bergantung pada seberapa yakin, seberapa ketat screening yang orang masuk ke dalam pembukaan pelonggaran aktivitas itu mal-mal dan lain sebagainya itu adalah orang yang sudah vaksinasi, adalah orang yang tidak dalam kasus kontak, adalah orang yang tidak bergejala," kata Dicky.



Simak Video "Syarat Perjalanan Diperketat, Simak Aturan Terbaru PPKM Level 1"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Breaking News
×
Menko PMK Cek MTsN 19 Jaksel
Menko PMK Cek MTsN 19 Jaksel Selengkapnya