ADVERTISEMENT

Rabu, 03 Nov 2021 06:30 WIB

Benarkah Kanker Prostat Berhubungan dengan Frekuensi Bercinta?

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Adakah kaitannya kanker prostat dengan frekuensi bercinta? (Foto: Getty Images/PeopleImages)
Jakarta -

Banyak yang meyakini bahwa sering ejakulasi bisa menurunkan risiko kanker prostat. Sebenarnya, apa hubungan kanker prostat dengan rutinitas bercinta?

Walau tidak 100 persen tepat, anggapan itu sebenarnya ada benarnya. Sebab, rutin bercinta dikaitkan dengan gaya hidup sehat seseorang yang bisa menurunkan risiko kanker prostat.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Urologi, dr Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, SpU (K), PhD, yang saat ini berpraktik di Rumah Sakit Siloam Hospitals Asri.

dr Agus, mengatakan, meski belum diketahui secara pasti kaitan antara rutin berhubungan seks dan sering ejakulasi dengan penurunan risiko kanker prostat, tetapi banyak orang percaya karena fungsi dari kelenjar prostat itu sendiri.

"Karena fungsi kelenjar prostat itu juga berkaitan dengan hubungan ejakulasi atau untuk produksi cairan sperma," ujar dr Agus dalam webinar Prostate Cancer Awareness Month, Senin (6/9/2021).

Menurutnya, sering berhubungan seksual mungkin memiliki dampak tidak langsung terhadap penurunan risiko kanker prostat lantaran ada hubungannya dengan gaya hidup seseorang yang sehat.

"Kaitan korelasinya itu menjadi tidak langsung berhubungan. Jadi, orang yang berhubungan seksual secara rutin itu biasanya pola hidupnya lebih sehat. Orang yang hidupnya lebih sehat pasti risiko kanker prostatnya lebih rendah," kata dr Agus.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pantangan Makanan untuk Pasien Kanker Prostat"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT