Senin, 06 Sep 2021 20:41 WIB

Ada Benarnya! Kata Dokter, Sering Bercinta Turunkan Risiko Kanker Prostat

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Sering bercinta cegah kanker prostat? (Foto: Getty Images/PeopleImages)
Jakarta -

Banyak narasi beredar yang menyebutkan sering ejakulasi bisa mencegah risiko kanker prostat. Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti apakah sering ejakulasi bisa menurunkan risiko kanker prostat.

Menurut Ketua Prostate Cancer Awareness Month, dr Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, SpU (K) PhD, meski belum diketahui secara pasti, banyak orang percaya karena fungsi dari kelenjar prostat itu sendiri.

"Karena fungsi kelenjar prostat itu juga berkaitan dengan hubungan ejakulasi atau untuk produksi cairan sperma," ujar dr Agus dalam webinar kanker prostat, Senin (6/9/2021).

Meskipun belum ada bukti kuat, dr Agus menjelaskan sering ejakulasi atau berhubungan seksual mungkin memiliki dampak tidak langsung terhadap penurunan risiko kanker prostat.

"Kaitan korelasinya itu menjadi tidak langsung berhubungan. Jadi, orang yang berhubungan seksual secara rutin itu biasanya pola hidupnya lebih sehat. Orang yang hidupnya lebih sehat pasti risiko kanker prostatnya lebih rendah," kata dr Agus.

dr Agus menambahkan bahwa ejakulasi rutin cenderung berkaitan dengan kondisi psikologis seseorang.

"Orang yang ejakulasi rutin, tapi dalam arti kehidupan yang sehat ya. Jadi, bukan dipaksakan harus keluar [cairan sperma] nggak. Jadi, itu kan berkaitan dengan psikologi," pungkas dr Agus.

Selain itu, menurut dr Agus, meski rutin ejakulasi memiliki dampak positif terhadap kesehatan, perlu digarisbawahi bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidak baik juga bagi kesehatan.

Bagaimana kaitan masturbasi dengan kanker prostat? Selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Aman Nggak Kalau Masturbasi Keseringan?"
[Gambas:Video 20detik]