Minggu, 03 Feb 2019 20:10 WIB

Masturbasi Bisa Cegah Kanker Prostat, Harus Percaya atau Tidak?

Ayunda Septiani - detikHealth
Saling berkaitan belum tentu punya hubungan sebab akibat (Foto: iStock) Saling berkaitan belum tentu punya hubungan sebab akibat (Foto: iStock)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
Jakarta - Berbagai penelitian mengaitkan masturbasi dengan penurunan risiko kanker prostat. Tapi sebaiknya kesimpulan tersebut tidak ditelan mentah-mentah, karena ada sejumlah catatan di balik semua itu.

Salah satu penelitian yang menyimpulkan hal itu dilakukan di Boston University. Disebutkan, laki-laki yang mengalami orgasme atau melakukan masturbasi 21 kali dalam sebulan punya risiko 19 persen lebih rendah untuk mengalami kanker prostat.



Walau ada berbagai penelitian lain dengan kesimpulan sejenis, sesungguhnya tidak pernah ada anjuran resmi untuk sering-sering masturbasi. Ada beberapa catatan yang sebaiknya dipertimbangkan sebelum salah menafsirkan berbagai kesimpulan tersebut.

Di antaranya adalah bahwa para peneliti tidak pernah menyebut adanya hubungan sebab akibat. Memang ada kaitan, tetapi tidak disebutkan bahwa penurunan risiko kanker prostat adalah efek dari sering orgasme maupun aktivitas masturbasi.

Demikian pula ketika detikHealth menanyakan hal itu pada seorang ahli urologi asal Singapura. Menurutnya, anggapan bahwa masturbasi bisa mencegah kanker prostat itu salah. Jadi apakah laki-laki harus rajin masturbasi agar tidak kena kanker prostat?

"No!" tegas dr Poh Beow Kiong, ahli urologi Parkway Hospitals, Singapura, ditemui baru-baru ini di Jakarta Selatan.

Simak juga kata dokter spesialis urologi tentang masturbasi dalam video 'Bincang Sehat' berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya