Kamis, 04 Nov 2021 05:00 WIB

Apakah Kanker Prostat Bisa Sembuh? Ini Faktanya

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Ilustrasi kanker prostat Apakah kanker prostat bisa sembuh (Foto: Getty Images/iStockphoto/Jan-Otto)
Jakarta -

Kanker prostat menjadi kanker urutan kedua yang paling umum diidap pria, setelah kanker kulit. Pertanyaannya yang kemudian muncul adalah apakah kanker prostat bisa sembuh? Kanker prostat bisa disembuhkan dengan beberapa metode perawatan.

Dikutip dari Mayo Clinic, kanker prostat adalah kanker yang terjadi pada prostat. Prostat sendiri merupakan kelenjar kecil berbentuk kenari pada pria yang berfungsi memproduksi cairan mani yang memberi nutrisi dan membawa sperma.

Pada tahap awal, kanker prostat tidak menimbulkan gejala. Namun, jika kanker sudah berkembang pengidap biasanya mengalami gejala, seperti sulit buang air kecil, urine yang sedikit, keluar darah dalam urine dan air mani hingga mengalami penurunan berat badan yang drastis.

Apakah kanker prostat bisa sembuh?

Dikutip dari Pasadena CyberKnife Center, kanker prostat bisa disembuhkan, terutama bila kanker terdeteksi dan ditangani sejak dini. Sebagian besar kasus kanker prostat atau lebih dari 90 persen, ditemukan pada tahap awal sehingga kanker dapat lebih cepat ditangani.

Kanker prostat memiliki tingkat kesembuhan tertinggi dari semua jenis kanker. Salah satu faktor tingginya tingkat kesembuhan berkat deteksi dini. Saat kanker terdeteksi pada tahap awal, yakni sebelum kanker menyebar atau ketika hanya menyebar ke area terbatas di daerah panggul tingkat kelangsungan hidup lima tahun hampir 100 persen.

Di samping itu, tingkat kelangsungan hidup bisa menurun secara signifikan jika kanker terdeteksi pada stadium lanjut atau kanker yang sudah menyebar. Meski begitu, lebih dari 90 persen pria yang didiagnosis dengan kanker prostat hidup selama lima tahun atau lebih setelah menjalani pengobatan sehingga menjadikan kanker prostat sebagai salah satu bentuk kanker yang paling dapat disembuhkan.

Perawatan kanker prostat

Perawatan atau pengobatan dilakukan sesuai dengan kondisi atau tingkat keparahan kanker dan faktor lainnya. Beberapa metode pengobatan untuk menyembuhkan kanker prostat, di antaranya operasi, terapi radiasi, terapi fokal, terapi hormonal, kemoterapi, dan imunoterapi



Simak Video "Pantangan Makanan untuk Pasien Kanker Prostat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)