5 Obat Kolesterol, Herbal Sehari-hari yang Gampang Banget Dicari

ADVERTISEMENT

5 Obat Kolesterol, Herbal Sehari-hari yang Gampang Banget Dicari

Astika - detikHealth
Kamis, 04 Nov 2021 22:50 WIB
Lidah Buaya yang Kenyal Segar Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
Obat kolesterol herbal (Foto: Getty Images/iStockphoto/trumzz)
Jakarta -

Meningkatnya kadar kolesterol jahat di dalam darah berpengaruh terhadap kesehatan. Beberapa jenis obat kolesterol herbal diklaim bisa membantu menurunkannya.

Beberapa keluhan yang muncul seperti pusing, pegal, tangan dan kaki terasa sakit, sering kesemutan, hingga nyeri di dada.

Hal yang patut diwaspadai dari kolesterol adalah adanya kemungkinan terjadi penumpukan di dalam pembuluh darah yang dapat berisiko menjadi masalah bagi organ jantung.

Selain memperbaiki pola hidup dan menggunakan obat-obatan sintetis untuk mengontrol kolesterol, beberapa tanaman herbal telah diteliti memiliki manfaat sebagai obat tradisional kolesterol. Tanaman-tanaman ini cenderung mudah untuk ditemukan dan dimanfaatkan.

Berikut 5 obat kolesterol herbal yang bisa kamu coba, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Daun Salam

Selain dimanfaatkan untuk bumbu dapur, daun salam juga memiliki manfaat untuk pengobatan kolesterol tinggi, kecing manis, tekanan darah tinggi, dan maag. Kandungan senyawa flavonoid dalam daun salam berfungsi sebagai antioksidan yang kuat sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol.

2. Bawang Putih

Bawang putih telah dimanfaatkan secara luas di berbagai negara, seperti untuk bumbu dapur. Ternyata bawang putih memiliki kandungan senyawa flavonoid dan saponin yang diteliti memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Daun Sirsak

Masyarakat sudah lama memanfaatkan jus buah sirsak dan rebusan daun sirsak untuk menurunkan berat badan dan kolesterol. Berdasarkan penelitian, ternyata air rebusan daun sirsak mengandung senyawa flavonoid yang mempunyai efek menghambat pembentukan kolesterol.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional kolesterol. Berbagai macam kandungan senyawa dalam lidah buaya seperti vitamin B3 (asam nikotinat, vitamin C, enzim lipase, dan asam folat yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol.

5. Daun Kelor

Ternyata daun kelor sudah dimanfaatkan sejak lama oleh bangsa Indian untuk mengatasi obesitas. Dengan kandungan zat aktif seperti flavonid dan tanin, daun kelor memiliki efek menurunkan kolesterol dalam darah.



Simak Video "Ini Cara Sehat Olah Daging Kambing "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT