ADVERTISEMENT

Jumat, 05 Nov 2021 13:02 WIB

Vanessa Angel Meninggal, AIMI Kenang Perjuangannya Beri ASI untuk Gala Sky

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Vanessa Angel saat ditemui di kawasan Kemang. Vanessa Angel. (Foto: Noel/detikFoto)
Jakarta -

Vanessa Angel dan suaminya Bibi Adriansyah meninggal dunia dalam kecelakaan maut di Tol Jombang. Berita meninggalnya Vanessa membawa duka yang mendalam bagi banyak orang di Tanah Air.

Vanessa kala itu sedang dalam perjalanan menuju Surabaya dan membawa serta anaknya. Beruntung, buah hatinya Gala Sky Adriansyah, selamat dan kini menjalani pemeriksaan di rumah sakit.

Orang mengenal Vanessa sebagai sosok ibu yang baik. Dalam masa hukumannya yang lalu pun, ia tetap memperjuangkan hak menyusui bagi Gala yang saat itu baru berusia 4 bulan.

"Kebetulan kami membuat surat itu untuk menyikapi hukuman yang diberikan kepada Vanessa Angel yang seorang ibu menyusui. Dan banyak juga kasus serupa yang dialami ibu menyusui lainnya," kata Nia Umar, Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) saat dihubungi detikcom, Jumat (5/11/2021).

Pada November 2020 lalu, AIMI melayangkan surat ke Kementerian Hukum dan HAM RI yang juga ditembuskan ke Kementerian Kesehatan RI terkait pertimbangan penerapan hukuman bagi ibu yang sedang dalam tahap menyusui bayinya, dalam hal ini terkait juga dengan kasus yg menimpa Vanessa Angel.

Ibu menyusui dan bayinya, di manapun mereka berada dan dalam situasi apapun (bahkan di berbagai kondisi krisis seperti bencana, perang atau dalam status sebagai tahanan), berhak untuk mendapatkan dukungan dan perlindungan menyusui yang sebaik baiknya dengan tetap mempertimbangkan aspek hukum yang berlaku.

"Kami beberapa kali menerima aduan dari masyarakat tentang ini. Jadi kami ingin advokasikan jangan sampai hukuman pada ibu ini menyababkan hilangnya hak anaknya untuk menyusu yang juga ada di UU kesehatan," pungkas Nia.

Simak video 'Siapa yang Merawat Anak Vanessa Angel dan Bibi?':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT