Minggu, 07 Nov 2021 17:40 WIB

Baby Sitter Anak Vanessa-Bibi Alami Patah Jari, Berapa Lama Pemulihannya?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Adik-adik Febri Ardiansyah (bibi) mendatangi RS Bhayangkara Polda Jatim. Mereka datang untuk melihat kondisi Gala Sky Ardiansyah, putra Vanessa Angel dan Bibi. Adik kandung Febri Ardiansyah, Fujianti Utami dan Fadli Faisol. (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Jakarta -

Dalam kecelakaan yang menewaskan Vanessa Angel dan Febri Andriansyah, anak dan baby sitter yang ada di dalam mobil tersebut juga mengalami luka yang cukup parah. Sang anak, Gala Sky Ardiansyah, harus dioperasi akibat luka yang ada di bawah matanya.

Sedangkan baby sitternya, Siska, mengalami luka di tangannya. Tak hanya itu, dua jarinya juga patah. Siska pun dirujuk ke RS Bhayangkara Polda Jawa Timur untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

"Mbak Siska jarinya patah dua," kata Fujianti Utami, adik kandung Febri Ardiansyah, kepada detikcom di RS Bhayangkara Polda Jatim, Minggu (7/11/2021).

Tak hanya bagian jarinya, dua gigi dari Siska juga patah. Kondisi ini mengharuskannya untuk segera melakukan operasi dan mencabut gigi yang patah.

Umumnya, jika jari patah harus segera mendapat perawatan dari tim medis. Pasien akan diberikan suntikan anestesi lokal untuk menghilangkan rasa sakit.

Dikutip dari laman resmi NHS UK, jari akan digips agar tetap pada posisinya. Jika diperlukan, dokter mungkin akan melakukan pembedahan jika area patah itu terjadi di banyak tempat atau menyebabkan kerusakan saraf.

Lalu, berapa lama bisa pulih?

Biasanya jari yang patah bisa sembuh dalam waktu 2 hingga 8 minggu. Tetapi, ini bisa saja memakan waktu yang lebih lama.

Waktu yang dibutuhkan untuk benar-benar pulih bisa sekitar 3 sampai 4 bulan hingga kemampuan tangan dan jari bisa kembali normal.

Namun, usai sembuh kondisi jari mungkin akan agak kaku untuk digerakkan. Untuk itu, dokter menyarankan untuk melatih jari secara perlahan dan teratur agar kembali terbiasa dengan gerakan yang dilakukan.



Simak Video "Top 5: Nirina Zubir Korban Mafia Tanah, Isu Booster Vaksin Nusantara"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)