Minggu, 07 Nov 2021 21:30 WIB

Model Ini Hanya Mau Bercinta Pakai Kondom Vegan, Apa Sih Bedanya?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Collection of colorful condomsSelective focus; shallow DOF (Foto ilustrasi: istock)
Jakarta -

Seorang model mengaku sudah berhenti berhubungan seks dengan pasangannya karena masalah alat kontrasepsi atau kondom yang dipakainya. Model bernama Iasmin Santos tidak mau bercinta setelah tahu kondom yang umum digunakan bukan produk vegan.

Wanita asal London, Inggris, ini memiliki aturan khusus saat ingin berhubungan seks. Aturan utamanya adalah setiap kondom yang digunakan tidak boleh mengandung produk hewani.

"Saya tidak menerima ajakan berhubungan seks karena kondomnya bukan vegan," kata Iasmin yang dikutip dari Daily Star, Minggu (7/11/2021).

"Orang-orang tidak memiliki pengetahuan tentang apa yang mereka makan dan yang mereka gunakan," lanjutnya.

Umumnya, kondom terbuat dari lateks dan mengandung produk hewani. Menurut Iasmin, ia merasa seks dengan kondom vegan lebih menyenangkan dan membuatnya lebih bergairah.

"Seks lebih menyenangkan dengan kondom vegan, saya bisa membuktikannya," kata dia.

"Memikirkannya saja meningkatkan libido saya hingga 100 persen, itu sebabnya saya menyukainya," pungkasnya.

Apa sih kondom vegan itu?

Dikutip dari laman Mochni, kondom biasanya terbuat dari lateks yang merupakan cairan yang diambil dari pohon karet. Tapi, untuk melunakkan lateks selama pembuatan karet, kondom menggunakan kasein protein susu. Inilah yang membuatnya tidak non-vegan.

Sementara pada kondom vegan, protein susu itu diganti dengan nabati, seperti ekstrak thistle. Ekstrak thistle ini terbuat dari sekelompok senyawa tanaman yang dikenal dengan silymarin.

Apa keunggulannya?

Sebagian besar kondom vegan tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Biasanya, bahan kimia itu bisa menyebabkan infeksi jamur, iritasi, dan masalah kesehatan lainnya.

Alih-alih menggunakan produk hewani, minyak pada kondom vegan ini menggunakan minyak silikon murni untuk pelumas atau ekstrak sayur/buah organik yang aman untuk makanan. Hal ini yang membuat kondom vegan juga akan tetap berwarna dan beraroma.



Simak Video "Pertama di Dunia! Kondom Unisex untuk Pria dan Wanita"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)