Selasa, 09 Nov 2021 11:00 WIB

Viral Penghuni Kos Timbun Sampah di Kamarnya, Hoarding Disorder?

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
kos penuh sampah hoarding disorder Viral kos penuh sampah. (Foto: Tangkapan Layar Tik Tok/diambil atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Beredar viral di TikTok video seorang penghuni kos yang menimbun banyak sampah dan barang di kamarnya hingga hampir seluruh lantainya dipenuhi tumpukan sampah. Banyak yang menduga penghuni kos itu mengidap hoarding disorder.

Video viral itu diunggah pertama kali oleh pemilik akun @noviinestya. Dalam video, ditulis keterangan yang menyebut jika sang pemilik kamar sudah tidak menempati kamar tersebut selama 2 bulan lamanya.

"Udah enggak bayar 2 bulan, didodokin enggak pernah dibuka, akhirnya terus dibongkar pintunya sama yang punya kos," dikutip dari keterangan dalam video atas izin yang bersangkutan, Senin (8/11/2021).

Selain itu, penghuni juga tidak membayar uang kos hingga sang pemilik terpaksa membongkar pintu karena tidak pernah dijawab. Seketika pemilik kos terkejut dengan pemandangan yang dilihatnya dalam kamar itu.

@noviinestya

Mirisssa! #fyp #kos #fypsoundsss

♬ Kulo pun angkat tangan - Safira Inema

Tumpukan sampah hampir menutupi seluruh permukaan lantai. Segala macam sampah, mulai dari bungkus makanan hingga sampah bekas makanan dan minuman berceceran di kamar dan kasur, membuat siapapun yang melihatnya bergidik ngeri.

Dari kolom komentar, banyak warganet yang menduga penghuni kos itu mengidap gangguan yang disebut hoarding disorder.

Psikolog klinis dan co-founder Ohana Space, Veronica Adesla, MPsi, Psikolog, mengatakan sekilas perilaku dalam video itu menunjukkan gejala demikian. Namun, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya.

Lebih lanjut, Veronica menjelaskan hoarding disorder termasuk dalam salah satu gangguan psikologi yang ditunjukkan dengan perilaku kompulsif menimbun barang, sampah, ataupun binatang.

"Penyandang gangguan ini mengalami kesulitan untuk membuang ataupun melepaskan objek tersebut," imbuh Veronica saat dihubungi detikcom, Senin (8/11/2021).

Menurutnya, seseorang yang mengidap gangguan ini memiliki rasa kecemasan dan ketakutan yang berhubungan dengan objek yang ia timbun.

"Ada kecemasan dan ketakutan yang berhubungan dengan keyakinan bahwa objek tersebut akan dibutuhkan nantinya, tidak boleh membuang barang, atau karena objek-objek tersebut memiliki nilai sentimental ataupun karena merasa aman ketika dikelilinginya," beber Veronica.



Simak Video "Luapkan Emosimu Di Sini, Hancurkan Saja Semua Hingga Berkeping!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)