Selasa, 09 Nov 2021 11:16 WIB

3 Gejala Kanker Prostat yang Wajib Diketahui Para Pria

Akbar Malik - detikHealth
Ultrasound medical device Ilustrasi. Foto: iStock
Jakarta -

Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan mengidap kanker prostat stadium awal. Diidap pria umumnya pada usia lanjut, pasien kerap telat beroleh penanganan lantaran gejala kanker prostat tahap awal sulit dideteksi.

Agar bisa mendeteksi kanker prostat sedini mungkin, kita perlu mengetahui gejala-gejalanya. Apa sajakah itu?

Dokter spesialis urologi, dr Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, SpU(K), PhD, dari RS Siloam Hospital Asri menjabarkan tiga gejala kanker prostat secara bertahap, dari stadium awal hingga lanjut.

"Kalau kankernya masih kecil, tidak menimbulkan gejala. Ini susah dideteksi sehingga orang tidak aware," kata dr Agus pada program e-Life detikcom, Jumat (5/10/2021).

Kurangnya perhatian pada gejala kanker prostat stadium awal justru akan membuat kanker berkembang dan gejala yang dirasakan semakin parah, berikut tiga gejala kanker prostat yang harus diwaspadai:

1. Gangguan saluran kemih

Gejala kanker prostat yang paling terasa adalah gangguan pada saluran kemih. Meski gejala ini cenderung muncul pada tahap awal, pria lanjut usia yang merasakannya wajib waspada.

"Ketika tahapnya masih sangat awal, kalau dia sudah mulai menutup saluran kemih, gejalanya berkaitan dengan berkemih seperti pancaran air kencing melemah, proses kencing lama," jelas dr Agus.

"Berikutnya bisa terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Terbangunnya bisa berulang di setiap malam hingga tidurnya terganggu. Semua gejala yang berkaitan dengan buang air kecil itu bisa menandakan kanker prostat," lanjutnya.

2. Buang air kecil dan ejakulasi berdarah

"Kalau sudah lebih lanjut, buang air kecilnya bisa berdarah. Pada laki-laki yang masih berhubungan seksual aktif, pada saat ejakulasi bisa terjadi pendarahan pada cairan spermanya," papar dr Agus.

Pendarahan pada saluran kemih ketika buang air kecil dan ejakulasi adalah gejala kanker prostat selanjutnya. Ini gejala yang sudah lebih advance dari sebelumnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tim Dokter Optimistis SBY Bisa Sembuh"
[Gambas:Video 20detik]