Rabu, 03 Nov 2021 06:29 WIB

Round Up

SBY Idap Kanker Prostat Stadium Awal, Ini Gejala dan Faktor Risikonya

Syifa Aulia - detikHealth
Momen SBY Saat Masak Kupat Tahu hingga Ngopi Bareng Prabowo SBY didiagnosis mengidap kanker prostat (Foto: Instagram aniyudhoyono)
Jakarta -

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengidap kanker prostat sadium awal. Informasi ini diumumkan langsung oleh staf pribadi SBY, Ossy Dermawan, dalam keterangan tertulis pada Selasa (2/11/2021). SBY diketahui akan menjalani perawatan di Amerika Serikat bersama keluarganya.

"Adalah benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari tim dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer)," kata Ossy Dermawan.

Sebelumnya, SBY telah melakukan berbagai metode pemeriksaan seperti MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan, dan pemeriksaan lain. Keputusan menjalani perawatan di luar negeri ini juga telah dikonsultasikan dengan tim dokter Indonesia yang menangani SBY.

"Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan tim dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat," ungkap Ossy.

Kata dokter terkait stadium awal kanker prostat

Ahli urologi sekaligus Direktur RSUD Pasar Minggu, dr Yudi Amiarno, SpU, mengatakan kanker prostat pada stadium awal belum menyebar ke organ tubuh yang lain. Oleh karenanya, tim medis dapat melakukan terapi secara agresif. Hal yang dapat dilakukan adalah mengangkat jaringan prostat yang terkena kanker.

"Kanker itu semuanya kalau ditangani stadium awal ya bagus. Insyaallah beliau kalau ditangani awal pasti bagus. Kalau stadium awal kita harus agresif jangan kasih kesempatan kanker tumbuh di tempat lain. Agresif artinya operasi radikal diangkat prostat jangan disisakan," kata dr Yudi kepada detikcom, Selasa (2/11/2021).

Namun, jika sudah stadium lanjut, tim medis akan melakukan terapi secara sistemik. Seperti operasi, kemoterapi, radiasi, sampai diberikan hormon untuk mencegah kanker prostat terus tumbuh.

Gejala

Dikutip dari situs web Cancer, gejala yang dapat dirasakan pada tahap awal antara lain:

  • Urine sedikit
  • Sakit tulang
  • Kencing berdarah
  • Sulit buang air kecil
  • Berat badan turun drastis
  • Rasa terbakar saat buang air kecil
  • Sering buang air kecil di malam hari

Apa saja faktor risiko kanker prostat?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tim Dokter Optimistis SBY Bisa Sembuh"
[Gambas:Video 20detik]