Selasa, 09 Nov 2021 18:35 WIB

Viral Kamar Kos Penuh Sampah dan Sisa Makanan, Begini Cerita Tetangga

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
kos penuh sampah hoarding disorder Foto: Tangkapan Layar Tik Tok/diambil atas izin yang bersangkutan
Jakarta -

Sebuah video yang viral di TikTok memperlihatkan kondisi kamar kos yang dipenuhi sampah menumpuk hingga menutupi hampir seluruh permukaan lantai. Tetangga mengungkapkan penghuni kos itu sangat tertutup dan jarang berinteraksi. Benarkah hoarding disorder?

Video yang diunggah oleh akun TikTok @noviinestya langsung mencuri perhatian warganet. Tak sedikit pula yang menduga sang penghuni kos mengidap gangguan hoarding disorder.

Diketahui kejadian ini terungkap setelah sang pemilik kamar menunggak bayar uang sewa dan tidak menempati kamar itu selama 2 bulan.

"Sudah nggak bayar 2 bulan, didodokin nggak pernah dibuka, akhirnya terus dibongkar pintunya sama yang punya kos," dikutip dari keterangan dalam video atas izin yang bersangkutan, Senin (8/11/2021).

@noviinestya

Mirisssa! #fyp #kos #fypsoundsss

♬ Kulo pun angkat tangan - Safira Inema

Saat dikonfirmasi detikcom, sang tetangga, Novi Tri Inestiya membenarkan hal tersebut. Pada awalnya, ia hanya mempermasalahkan penghuni kos yang tidak membayar uang sewa sehingga ia dan pemilik kos terpaksa mendobrak kamar.

Usai mendobrak paksa kamar, pemilik kos dan Novi terkejut dengan pemandangan yang dilihatnya.

"Jadi waktu dibuka kamarnya, kondisinya sangat kotor penuh timbunan sampah yang mana itu ada makanan yang belum dimakan pun sekalian dijadikan satu sama sampah-sampah lainnya," beber Novi.

Menurut pengakuan Novi, wanita penghuni kamar kos itu merupakan pribadi yang tertutup dan jarang keluar kamar. Pernah sekali waktu ia menyapa penghuni kos itu, tetapi tidak digubris.

Lebih lanjut, Novi menceritakan sejumlah tetangga merasakan dampaknya akibat kamar kos yang penuh sampah. Beberapa tetangga mencium bau tak sedap dari kamar itu sampai ada yang menghabiskan berbotol-botol pengharum ruangan.

"Karena kost kita kamar atas bawah ada udara yang satu lubang di bagian belakang arah ke kamar mandi, sampai tetangga kamar bawah sudah menghabiskan pengharum ruangan beberapa botol, tapi masih tercium juga baunya," kata Novi.

Novi mengaku sangat menyayangkan hal ini terjadi karena banyak orang terdampak, terutama pemilik kos yang harus menanggung rugi ditambah membersihkan semuanya sendiri.

"Karena dari awal yang saya permasalahkan tidak membayar itu tadi [uang sewa]. Eh, malah ditambah menimbun sampah yang begitu banyaknya. Kasihan yang punya kost," tutupnya.

Warganet di kolom komentar menduga penghuni mengidap hoarding disorder. Benarkah hal tersebut?

Selanjutnya
Halaman
1 2