Rabu, 10 Nov 2021 14:51 WIB

Sertifikat Vaksin COVID-19 Bermasalah? Lapor Saja di Chatbot WhatsApp

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Cara Mengatasi Sertifikat Vaksin Tidak Keluar Padahal Sudah Disuntik Ilustrasi sertifikat vaksin COVID-19. (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan dalam sepekan bisa menerima aduan permasalahan kartu atau sertifikat vaksin COVID-19 hingga lebih dari 134 ribu email dan 80 ribu panggilan. Karenanya, Kemenkes kini resmi meluncurkan layanan baru pengaduan melalui nomor WhatsApp.

Tujuannya adalah untuk mempermudah warga atau masyarakat dalam mengeluhkan masalah sertifikat vaksin COVID-19. Adapun pelayanan ini khusus mengatasi keluhan sertifikat vaksin COVID-19, status vaksinasi COVID-19 dan informasi diri di kartu vaksin tersebut.

"Selama ini pengaduan diarahkan ke email sertifikat@pedulilindungi.id atau extension, dan kita monitor jumlah aduan per minggu lebih dari 134 ribu email dan 80 ribu call. Sebagian besar terkait info sertifikat vaksin dan penyesuaian data seperti nama, nomor hp, dan lain-lain," jelas Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha, dalam konferensi pers Kemenkes Rabu (10/11/2021).

Kemenkes mengaku sempat kewalahan dengan banjirnya aduan permasalahan sertifikat vaksin COVID-19. Meski begitu, dengan adanya chatbot WhatsApp ini, pelayanan bisa diatasi lebih cepat.

"Oleh karena itu, saat ini Kementerian Kesehatan bisa menghadirkan lahan chatbot PeduliLindungi untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan sertifikat, status, dan perbaikan info diri. Karena kalau melalui email itu banyak sekali, kita kewalahan," ungkapnya.

Layanan atau chatbot WhatsApp bisa diakses 24 jam melalui pesan WhatsApp ke nomor Kemenkes RI di 081110500567.



Simak Video "Kata Satgas soal Vaksin Covid-19 Umat Islam Akan Diganti yang Halal"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)