Rabu, 10 Nov 2021 17:02 WIB

Jenis-jenis Priapisme, Geger Ratusan Pria Inggris Ereksi Berjam-jam

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Banana peeled Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Sebuah laporan yang dirilis National Health Security (NHS) mengungkapkan kasus priapisme di Inggris meningkat. Priapisme merupakan kondisi penis yang mengalami ereksi berkepanjangan dan bisa berlangsung lama.

Berdasarkan laporan tersebut, kasus priapisme ini meningkat selama 10 tahun terakhir. Pada tahun 2020, sebanyak 326 pria mengalami priapisme yang disebabkan oleh obat-obatan seperti viagra. Tak hanya itu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti sel sabit, leukemia, hingga COVID-19.

"Mungkin itu terkait dengan memburuknya kondisi yang sudah ada sebelumnya atau peningkatan penggunaan obat-obatan terlarang," ujar Dr Shalini Andrews dari Asosiasi Kesehatan Seksual dan HIV Inggris yang dikutip dari The Sun.

Ternyata, ada priapisme ini memiliki beberapa tipe atau jenis yang berbeda. Dikutip dari Medical News Today, berikut beberapa tipe dari priapisme yang wajib diketahui.

Iskemik

Tipe iskemik ini juga dikenal sebagai priapisme aliran rendah. Kondisi ini terjadi ketika darah tidak dapat mengalir dari penis usai ereksi. Sebagian besar kasus priapisme yang terjadi termasuk tipe iskemik.

Berulang (Recurrent)

Tipe priapisme berulang atau gagal ini sebenarnya jarang terjadi. Kondisi ini biasanya terjadi pada pria yang mengidap anemia sel sabit.

Non-iskemik

Tipe priapisme ini juga dikenal sebagai priapisme aliran tinggi. Biasanya, tipe priapisme ini disebabkan oleh aliran darah yang tidak diatur dengan baik di penis.

Bagaimana jika terlambat ditangani?

Seperti penyakit lainnya, jika priapisme tidak segera ditangani akan berakibat fatal. Kerusakan jaringan pada penis mulai terjadi 4-6 jam usai gejala dirasakan.

Jika terlambat, jaringan penis yang sensitif ini akan mengalami kerusakan permanen dan tidak bisa diperbaiki. Bahkan bisa menyebabkan disfungsi ereksi.

Darah yang terperangkap di penis tidak mengandung oksigen. Itu berarti jaringan penis akan mengalami kekurangan oksigen dan bisa merusak hingga menghancurkan jaringan tersebut.



Simak Video "Top 5: Rima Melati Meninggal Dunia hingga 5 Fitur Terbaru WhatsApp"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)