ADVERTISEMENT

Rabu, 10 Nov 2021 19:46 WIB

Cabut 4 Geragam Bungsu Sekaligus, Gimana Rasanya? Wanita Ini Mengalaminya

Astika - detikHealth
viral gigi bungsi impaksi Foto: Tangkapan layar konten Tiktok @_overnightsgallery (seizin yang bersangkutan)
Jakarta -

Beredar viral di TikTok video seseorang yang membagikan pengalamannya didiagnosa wisdom teeth impaction atau impaksi gigi bungsu, Akibat kondisi tersebut, keempat gigi bungsunya harus dicabut sekaligus.

Video viral itu diunggah pertama kali oleh pemilik akun TikTok @_overnightsgallery. Dalam videonya, ditulis keterangan bahwa awalnya ia mengalami sakit gigi sampai leher dan tidak bisa menelan, lalu setelah diperiksa ke dokter ternyata ia menderita wisdom teeth impaction dan mengharuskannya untuk operasi.

"Sebenarnya saya telah mengalami sakit gigi ini sejak berusia 17 tahun di bangku SMA, tapi tidak saya hiraukan, tambah kesini sakitnya tambah parah, akhirnya saya beranikan untuk check up ke dokter dan ternyata kondisi gigi impaksinya sudah parah sehingga harus langsung ditindak," ujar pemilik akun TikTok @_overnightsgallery saat dihubungi detikcom, Selasa (9/11/2021).

@_overnightsgallery

⚠️trigger warning bl00d⚠️ ##fyp ##fypage ##CapCut

♬ original sound - _overnightsgallery🧿

Sebenarnya apa itu wisdom teeth impaction?

Wisdom teeth impaction atau impaksi gigi bungsu adalah kondisi di saat gigi geraham bungsu tumbuh miring atau tidak sealur dengan garis gigi lainnya.

Apa tanda impaksi gigi bungsu?

Gejala impaksi gigi dapat berupa sakit gigi yang hanya muncul di permukaan gusi, nyeri pada rahang, sakit kepala, gusi bengkak di sekitar gigi terpendam, hingga kesulitan membuka mulut.

Apakah harus selalu cabut gigi jika terjadi impaksi?

Sebelum adanya penanganan, biasanya dokter akan melakukan rontgen gigi untuk memastikan gigi bungsu yang bermasalah. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa impaksi gigi membawa dampak buruk untuk gigi lainnya, maka akan direkomendasikan cabut gigi (operasi kecil).



Simak Video "Cara Kerja Mesin Suction Gigi GL Dexin+ yang Diklaim Cegah Penyebaran Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(Astika/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT