Kamis, 11 Nov 2021 09:45 WIB

Tertabrak Setang Sepeda, Vagina Gadis Ini Membengkak dan Menghitam

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Womans tan legs riding a bicycle over modern building background. Foto: Getty Images/iStockphoto/FXQuadro
Jakarta -

Seorang remaja mengalami luka mengerikan layaknya ibu melahirkan setelah setang sepeda tak sengaja membentur vaginanya.

Remaja 18 tahun yang tidak disebutkan namanya ini mengalami pendarahan yang mengejutkan dan pembengkakan berisi cairan di sekitar vulva. Foto yang dipublikasikan di British Medical Journal menunjukkan bibir vulvanya menggelembung dan menghitam akibat luka tersebut.

Para dokter dari Rumah Sakit Rotunda, Dublin, menjelaskan bagaimana insiden itu terjadi. Mereka mengatakan perempuan itu muncul di rumah sakit dengan rasa sakit yang luar biasa dan ketidakmampuan untuk buang air kecil.

Dikutip dari New York Post, gejalanya mulai muncul setelah tabrakan pada sepeda dorong, di mana setang sepeda membentur langsung alat kelamin luarnya. Tetapi remaja itu telah menunggu tiga hari sebelum mencari bantuan medis setelah kecelakaan itu.

Pada pemeriksaan, dokter menemukan adanya hematoma yang besar. Hematoma adalah pembengkakan darah, mulai lepuh darah kecil hingga massa yang besar dan menonjol.

Ketika hematoma terjadi di sekitar vagina, biasanya karena cedera atau persalinan, yang disebabkan oleh aktivitas mendorong bayi keluar atau dari forsep.

"Cedera vulva seperti ini paling sering terlihat pada wanita setelah melahirkan, khususnya setelah melahirkan melalui operasi pervaginam," tulis peneliti Dr Amy Worrall.

"Penyebab lain termasuk trauma, hubungan paksa, pelecehan seksual, suntikan ke pembuluh kelamin dan cedera sadel, seperti dalam hal ini berkaitan dengan kegiatan olahraga tertentu (bersepeda, berkuda, dll)," ujarnya.

Para dokter Dublin mengatakan jaringan yang bengkak itu berisi cairan seperti nanah dan berdarah. Wanita muda yang malang itu diberi morfin dan kateter untuk mengosongkan kandung kemihnya. Di bawah anestesi, dokter dapat mengeringkan hematoma.

Pasien ini dinyatakan membaik setelah tiga bulan perawatan.



Simak Video "Kembali Bak Perawan dalam 30 Menit!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)